Waktu Panen Ternak Itik Dan Cara Pemasaran

Panen dan Pemasaran ternak Itik-Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan itik jantan siap panen atau siap potong. Di antaranya melakukan penetrasi dengan mendatangi langsung warung-warung penyedia menu daging itik baik warung-warung pinggir jalan, rumah makan lestoran (resto), restoran atau supermarket.

Anda dapat menawarkan kepada mereka bahwa Anda bisa mensuplai itik jantan siap potong secara kontinyu dan produk yang Anda tawarkan mempunyai spesifikasi dan keunggulan tertentu seperti daging itik muda, lebih gurih, berat seragam, daging lebih tebal dan keunggulan-keunnggulan lalinnya.

Artikel terkait.

Selain itu, Anda juga dapat menjual hasil panen itik Anda kepada pengepul itik yang biasa menampung itik panenan. Setiap rumah makan yang menyediakan menu itik, biasanya membeli itik pedaging kepada pengepul langganan mereka. Oleh karena itu, Anda sebagai penyedia itik, dapat menjalin hubungan kemitraan dengan pengepul tersebut.Waktu Panen Ternak Itik Dan Cara Pemasaran

Berdasarkan pengalaman, peternak itik jantan siap potong tidak susah dalam memasarkan produknya, karena pengepul sendirilah yang akan datang ke kandang mereka secara berkala. Para pengepul lebih senang kalau tersedia itik jantan siap potong dalam jumlah besar di satu tempat (misal. 1000 ekor).

Keberadaan pengepul ini tentunya sangat membantu peternak karena peternak tidak perlu repot-repot memasarkan atau mencari pasar untuk produksinya. Bahkan kalau peternak bisa menyediakan barang secara kontinyu yaitu itik jantan siap potong maka itu lebih baik.

Tetapi jangan lupa untuk sesekali meluangkan waktu jalan-jalan ke pasar unggas untuk mengetahui perkembangan informasi harga.

Cara paling efektif untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang adalah melakukan kontarak atau perjanjian kerja sama dengan pihak tertentu. Perjanjian kerja sama biasanya menyangkut masalah harga dan jangka waktu kerja sama.

Hal ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, dimana pihak peternak akan merasa aman dan tidak perlu khawatir itiknya tidak laku terjual sedangkan bagi pengepul sendiri merasa terbantu dengan ketersediaan itik dalam jangka waktu tertentu.

Artikel terkait.

Cara lain dalam memasarkan itik jantan siap potong adalah Anda sendiri menjadi pembelinya. Bagaimana caranya? Ya, Anda peternaknya sekaligus menjadi penyedia daging itik (karkas) juga. Dalam mengelola waktu, beternak tidak banyak membutuhkan waktu dan tenaga, masih banyak waktu dan tenaga tersisa kalau Anda beternak itik. Jika Anda sekaligus sebagai tukang penyedia karkas itik, berarti keuntungan Anda akan berlipat.

Tulisan terkait :
loading...
Waktu Panen Ternak Itik Dan Cara Pemasaran | Penulis | 4.5