Wadah Transportasi,Air,Oksigen,Antibiotik Untuk Benih Ikan

Sebagai wadah transportasi,air,oksigen,antibiotik untuk benih ikan dapat kita menggunakan drum atau jerigen dan plastik.drum dan jerigen biasanya untuk pengangkutan Benih ikan secara terbuka.sementara itu untuk wadah plastik,di gunakan sebagai wadah tertutup.drum yang bisa kita gunakan adalah drum plastik yang tidak terlalu berat sehingga bersifat fleksibel.

Sebagai wadah untuk pengangkutan tertutup,plastik yang di gunakan untuk mengemas benih di plastik yang relatif tebal,tidak kaku,tidak mudah sobek serta memiliki warna putih jernih.

Artikel terkait.

Selain warna putih,plastik yang berwarna hitam juga bisa di gunakan sebagai melapisi plastik pengemas di bagian bawah.dengan kita melapisi plastik kemasan tersebut dengan menggunakan plastik hitam,akan mengurangi pengaruh lingkungan luar terhadap benih sehingga benih tidak menjadi stres.images (27)

Bagian ujung dari platik kemasan sebaiknya di ikan dengan karet agar tidak terbentuk sudut yang dapat menghimpit benih selama proses trasnportasi.

Air sebagai media pengemasan merupakan campuran antara air akuarium pendederan dengan air lain.pemberian air cukup 1/3 bagian dari volume plastik.setelah benih ikan kita masukan,plastik kemasan di berikan oksigen dengan perbandingan 1:1 dengan udara dan plastik pengemas.jadi satu bagian berisi udara palsu,dan satu bagian dari oksigen murni.

Beberapa pembudidaya ikan ada juga yang sengaja menambahkan antibiotik.pemberian antibiotik bertujuan untuk mengobati luka pada tubuh ikan sebab gesekan antar ikan dalam kemasan dalam perjalanan.

Sistem trasnportasi ikan hidup,kesusnya benih dapat di lakukan dengan dua cara,yaitu sistem terbuka dan sistem tertutup.masing-masing cara tersebut memiliki kekurangan serta kelebihan.sistem trasportasi terbuka di gunakan untuk pengangkutan benih jarak dekat.sementara itu,sistem trasportasi secara tertutup di gunakan untuk benih ikan jarak jauh yang memerlukan waktu lama.

Pengarug benih ikan dengan trasportasi yang terbuka biasanya menggunakan wadah berupa kontainer plastik.pada pengangkutan ikan pada sistem ini,kualitas air dalam wadah pengankutan harus selalu di jaga.caranya,1/2 volume air dalam wadah bisa di ganti dengan air yang masih baru dan segar.

Artikel terkait.

Namun dengan pergantian air di dalam perjalanan akan sedikit mengakibatkan benih menjadi stres.untuk itu,pergantian air dalam perjalanan harus di lakukan secara perlahan.selain itu,untuk kualitas pada tebar benih ikan di dalam wadah pengangkutan juga harus kita sesuaikan dengan ukuran benih ikan yang akan kita transportasikan.

Dengan melakukan cara demikian,benih ikan yang ada di dalam wadah pengangkutan tidak terlalu padat,stres yang sangat berlebihan dapat kita hindari,serta tingkat mortalitas benih ikan yang kita angkut dapat di buat menjadi sekecil mungkin.

Tulisan terkait :
loading...
Wadah Transportasi,Air,Oksigen,Antibiotik Untuk Benih Ikan | admin | 4.5