Virus Yang Sering Menyerang Burung

Memang sesuai namanya karena penyakit burung betet ini atau psittacose seakan-akan hanya menyerang burung betet atau burung paruh bengkok saja. Virus yang sering menyerang pada burung.banyak sekali gejala,penyakit maupun virus yang kerap menyerang pada burung berkicau.Menjelang perang dunia kedua negara-negara tersebut pernah dilanda penyakit ini dan hampir memunasnahkan burung peliharaan dari berbagai keluarga paruh bengkok.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang unggas. Dalam tubuh burung virus ini dapat hidup sehingga bagi yang dihinggapi tidak menunjukkan gejala penyakit akan tetapi tubuhnya lama kelamaan semakin kurus karena  kurang nafsu makan dan akhirnnya burung itu akan mati.

Artikel terkait.

Obat yang diberikan adalah obat yang mengandung antibiotik. Tetapi penjemuran sebaikknya dilakukan setiap pagi hari sampai pukul 9 pagi. Burung parkit yang terinfeksi ditempatkan pada kandang isolasi agar memperoleh perawatan secara khusus dan supaya parkit lain tidak tertular.virus sering menyerang burung

Pilek

Penyakit ini sama populer dengan penyakit mencret, apabila peternak kurang cepat menanggapinya akan cepat sekali menular dan banyak mengakibatkan kematian. Tanda-tandanya adalah hidung berlendir, gerakannya lamban, nafsu makan kurang, bulu berdiri, biasanya kepala disembunyikan di bawah pangkal sayap.

Penyakit Mata

Penyakit mata yang paling umum diparkit adalah katarak, konjungtivitis, dan blepharitis.

Katarak

Artikel terkait.

Burung merupakan hewan yang sering menderita katarak dan parkit tidak terkecuali. Penyebab penyakit ini merupakan faktor genetik tetapi dapat disebabkan oleh toksisitas dalam lingkungan sekitar kandang. Jenis penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan gizi dan burung yang usianya sudah tua.

Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan penyakit yang dapat mempengaruhi ketajaman dalam penglihatan parkit. Gejala utama dimulai dengan warna merah,mata berair dan debit hidung. Sebagai indikasi ditandai dengan kondisi memburuk pertumbuhan kerak tebal mulai terbentuk disekitar mata. Penyakit mata ini dapat disebabkan oleh bakteri, jamur atau luka pada mata.

Penyakit disertai dengan masalah pernapasan. Pengobatan termasuk mengamati burung setiap hari untuk memastikan mereka makan dengan benar dan menjaga mereka dari stres. Seekor burung yang sakit harus diisolasi, dan tempat pakan dan air dicuci setiap hari. Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan multivitamin yang banyak mengandung vitamin A dan B2.

Gejala blepharitis

Gejala blepharitis adalah jenis penyakit yang menyerang bagian kelopak mata yaitu terjadinya peradangan pada kelopak mata. Tanda-tandanya adalah mata yang teriritasi dan gatal-gatal sering menimbulkan mata kemerahan. Terdapat dua macam gejala blepharitis yaitu blepharitis yang menyerang bagian kelopak mata depan dan belakang.

Isu Lingkungan

Burung, termasuk parkit, sensitif terhadap lingkungan mereka dan tidak boleh terkena racun seperti asap rokok dan bahan kimia rumah tangga. Merokok di ruangan yang sama dengan burung menyebabkan masalah mata menahun.

Penggunaan bahan kimia rumah tangga yang kuat dapat memiliki efek yang sama tetapi juga dapat menimbulkan penyakit pernapasan bahkan kematian. Gizi yang baik sangat penting untuk diberikan pada burung parkit demi menjaga sistem kekebalan tubuh parkit sehat untuk mencegah penyakit mata.

Kebersihan dalam kandang dan sekitarnya, terutama di mana bertengger burung, adalah suatu keharusan. Parkit bertempat di sebuah ruangan yang terbebas dari angin secara langsung dan bahaya lingkungan akan mampu menghindari penyebab penyakit mata.

Tulisan terkait :
loading...
Virus Yang Sering Menyerang Burung | Penulis | 4.5