Umur Ikan Gurami Untuk dijadikan Indukan

Sesuai Judul diatas.Umur Ikan Gurami Untuk Dijadikan Indukan.Ikan Gurami yang akan di jadikan sebagai indukan,harus memiliki cukup umur induk jantan harus telah berumur kurang lebih sekitar empat tahunan dan memiliki bobot 2-4 Kg.untuk indukan betina,harus berumur minimal 3 tahun dengan berat 2-3 kg.

Badan indukan jantan ikan gurami harus memiliki badan yang lebih besar dari pada indukan betina.karena indukan jantan dapat membuahi sekitar 3-4 indukan betina.apabila ukuran badan jantan lebih kecil bahkan sama dengan yang betina.sangat di kwatirkan indukan jantan akan kekurangan sperma.ukuran badan induk,baik jantan maupun betina juga harus proposional,yaitu perbandingan panjang dan tinggi adalah 3:1.

Artikel terkait.

Memiliki Sisik Yang Baik.

Sisik indukan gurami yang baik,lengkap tidak ada yang terkelupas,tertata rapi serta terbebas dari penyakit cacar.adanya penyakit cacar di tandai dengan adanya bercak-bercak kemerahan serta pada kulitnya.images

Selain memperhatikan sisiknya dan fisiknya,untuk memiliki indukan yang memiliki kwalitas baik,terutama untuk indukan jantan dapat juga kita lakukan dengan cara memegangnya.

caranya,indukan gurami di pegang dengan posisi terbalik.apabila indukan yang di pegang melekuk kuat atau berusaha melingkari tangan,berarti induk tersebut berjenis kelamin jantan.sebaliknya,jika indukan yang kita pegang cenderung diam,tenang serta tidak menunjukan reaksi untuk melakukan badanya.indukan tersebut berjenis kelamin betina.

Semakin kuat indukan jatan melekuk,akan semakin bagus indukan tersebut dalam proses pemijahan nantinya.hal tersebut karena dalam proses pemijahan indukan betina dan jantan akan saling melekukan dan melilitkan badanya.

Pemilihan Induk jantan.

Artikel terkait.

Pemilihan induk jantan yang memiliki dagu besar serta menebal adalah salah satu syarat yang berhubungan dengan cara induk jantan dalam membuat sarang.apabila tampilan dagu induk besar serta tebal.biasanya sarang yang di buat akan lebih bagus dengan kriteria padat.

Badan sarang juga tidak mudah terurai,dan berbentuk bundar.semakin bagu sarang yang di buat,keselamatan telur yang di simpan setelah pembuahan akan lebih terjamin.dengan demikian,jumlah telur yang akan di tetaskan tidak banyak yang mengalami kerusakan,terbuang dalam kolam atau termakan oleh hama seperti sepat,keong,mujair,belut atau ular sawah.

Selain itu,indukan jantan dengan dagu yang besar dan tebal akan memudahkan peranya dalam memindahkan telur ke dalam sarang.

Badan induk jantan  lebih ramping dan agak meruncing pada bagian analnya.pada indukan betina yang siap memijah di tunjukan dengan kondisi kelamin atau daerah di sekitar anal memarah cerah serta agak menonjol.

Pada daerah antara bawah dan bawah anus menonjol sebagai pertanda indukan betina ini telah matang atau telah mengandung telur dan siap untuk di lakukan pemijahan.beberapa ciri lain di tunjukan dengan aktivitas indukan gurami tersebut.gerakan indukan jantan lebih aktif dan lincah,sedangkan untuk indukan betina lebih pelan.

Apabila indukan tersebut kurang sehat dapat di tunjukan dengan gerakan renang yang pelan dengan posisi badan yang tidak tegak atau miring.masa produktif optimal indukan betina berlangsung sampai 5-8 tahun.semakin tua umur induk,kuantitas telur yang di hasilkan semakin menurun,akan tetapi kualitas telurnya akan semakin baik.

Tulisan terkait :
loading...
Umur Ikan Gurami Untuk dijadikan Indukan | admin | 4.5