Umur Dan Ukuran Bibit Ikan Untuk Dibudidayakan

Berapa umur bibit ikan yang pas untuk kita budidayakan di kolam??Umur dan ukuran bibit ikan untuk dibudidayakan tergantung permintaan dan selera,namun yang paling pas ikan cocok di budidayakan ketika sebesar Ukuran kuku yang memiliki umur sekitar 20 hari.

Ukuran tiap-tiap benih mempunyai keunggulan serta kekurangan masing-masing,semakin besar ukuran benih ikan yang diminta,tingkat kematian dalam kita budidaya juga relatif rendah,namun bagi para pembenih kurang efisien untuk mencapai benih ikan dengan ukuran besar sebab harus mengeluarkan tambahan biyaya.

Artikel terkait.

Benih yang seukurun kuku merupakan benih ikan yang sering di minta oleh para konsumen pembudidaya ikan di kolam.akan tetapi benih ukuran rokok juga banyak di minta oleh konsumen.hal tersebut benih tersebut sudah sangat layak untuk di besarkan sampai ukuran konsumsi.

Tahap Pemanenan Bibit.

Pemanenan benih tergantung dari permintaan.jika konsumen menghendaki benih sebesar kuku,pemanenan di lakukan saat ukuran benih mencapai 1-2,5 cm.apabila konsumen menghendaki pada ukuran benih sebesar bungkus korek,peternak harus memperbesar benihnya sampai ukuran 3-7 cm.images (22)

Pemanenan sebaiknya di lakukan pada pagi hari atau sore hari,ketika cuaca teduh.jika benih ikan di pelihara di dalam akuarium,cara pemanenanya dengan cara mengurangi air di dalam akuarium sehingga benih akan berkumpul dan akan mudah kita mengambilnya pada seser kecil.

Selain jaring,pemanenan benih ikan juga bisa menggunakan baskom kecil untuk mengambil benih tersebut.penggunaan baskom dalam pemanenan dapat memperkecil resiko stres sebab benih akan tetap berenang dalam air serta tidak meronta-ronta.

Air dari akuarium tersebut harus juga di sertakan bersama benih saat di lakukan pengemasan.saat melakukan pemanenan,air dalam akuarium harus tetap dalam kondisi teraerasi agar ikan tidak kekurangan oksigen.

Jika kita memelihara di dalam kolam,pemanenan di awali dengan penyurutan air kolam secukupnya,jika kita rasa sudah cukup mudah untuk melakukan pemanenan.setelah itu anda bisa menebar daun pisang dengan menggunakan daun pisang dengan menggunakan jaring oleh 2-4 orang tujuanya untuk mempersempit daerah tangkapan.

Selanjutnya adalah melakukan penagkapan sedikit demi sedikit menggunakan serok berbahan halus secara hati-hati untuk menghindari banyaknya sisik ikan yang lepas.anda bisa menampung benih ikan tersebut pada wadah penampungan.seperti baskom besar atau drum plastik.pada wadah penampungan tersebut,berikan air yang sama pada kolam pemeliharaan agar tidak terjadi perubahan suhu pada Ph yang terlalu signifikan.

Tulisan terkait :
loading...
Umur Dan Ukuran Bibit Ikan Untuk Dibudidayakan | admin | 4.5