Umur Dan Bobot ikan Nila Saat Di Panen

Bobot panen ikan nila sangat tergantung dengan kebeutuhan pasar.umur dan bobot iakn nila saat di panen untuk pasar lokal,ikan nila dengan bobot 200-250 gram adalah yang paling sering di butuhkan pasar.jika bibit yang di gunakan adalah bibit ikan nila kualitas unggul,bobot ini sudah dapat di capai dalam waktu pemeliharaan hanya 2,5 bulan.

Kegiatan ahir pada usaha pembibitan ikan nila adalah pemanenan ikan hasil kegiatan pemeliharaan yang telah di lakukan.saat pemanenan,sebaiknya doi lakukan pada pagi hari atau saat terbit matahari.pada saat ini aktifitas ikan sangat masih terbatas dan suhu air maupun udara masih relatif rendah.

Artikel terkait.

Dalam kondisi suhu seperti ini,ikan tidak terlalu stres pada saat di tangkap sehingga kematian akibat stres penangkapan lebih kecil.

Seperti di ketahui bahwa salah satu penyebab kematian ikan adalah akibat stres karena perubahan lingkungan,teruta suhu dan menyurutnya air.jenis pemanenan ada dua,yaitu pemanenan sebagian dan pemanenan total.pada pemanenan sebagian,air kolam tidak perlu di kuras sebelumnya.untuk menagkap ikan,cukup menggunakan jaring yang di pegangi oleh minimal dua orang tergantung ukuran lebar kolam.bobot penan ikan nila

Jaring di bentangkan pada dua sisi kolam pada salah satu ujung kolam,pastikan jaring tersebut menyentuh dasar kolam agar ikan tidak lolos melalui dasar kolam.kemudia secara perlahan,jaring di gerakan ke sisi lain sehingga ikan dapat mengumpul di jaring tersebut.

Sementara pemanenan total di lakukan dengan mengurangi air kolam secara bertahap dan perlahan.caranya dengan membuka pintu pengurasan.setelah air surut,dan ikan terlihat berkumpul pada satu tempat,iakan di tangkap dengan menggunakan alat yang berupa lembit atau serokan yang bermata halus agek renggang.lalu kemudian ikan di masukan ke dalam wadah yang berisi air berupa ember atau drum besar.

Pada bak penampungan perlu di lengkapi dengan pemasukan dan pengeluaran air,berupa pipa peralon atau saluran langsung.oleh karena ikan yang terdapat pada tempat penampungan akan lebih bayak dan padat di nadingkan luasan wadah maka oksigen yang terlarut harus tinggi.

Adanya aliran air yang terlalu deras juga membentu ikan untuk mengeluarkan dan membuang kotoran yang terbawa oleh arus air.

Jika tidak menggunakan wadah atau bak penampungan permanen,wadah dari jaring yang bermata kasar juga bisa di gunakan.wadah tersebut di tempatkan pada bagian pemasukan air dalam kolam.dengan menempatkan wadah penempatan pada bagian pemasukan,di harapkan oksigen terlarut pada ikan dapat segera terpenuhi.

Tulisan terkait :
loading...
Umur Dan Bobot ikan Nila Saat Di Panen | admin | 4.5