Tips Sebelum Memulai Berternak Ayam

Hal itu didukung oleh faktor kebutuhan daging dan telur yang merupakan produk akhir dari ayam. tips sebelum memulai berternak ayam Baik ayam ras maupun ayam kampung,ayam pedaging ketiganya sangat digemari. Sampai saat ini, kebutuhan akan daging dan telur ayam terus meningkat sehingga peluangnya masih sangat terbuka lebar. Namun, salah satu kendala dari peternakan ayam adalah pakan yang harganya terkadang jauh di atas perhitungan peternak.

Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi untuk menghasilkan pakan yang bisa dibuat sendiri oleh peternak dengan biaya yang masuk akal dan mudah mendapatkan bahan bakunya.

Unggas, dalam hal ini ayam, sangat populer di Indonesia dan banyak dipelihara untuk diambil daging dan telurnya. Ayam yang banyak diternakkan adalah ayam ras dan ayam lokal. Ayam ras dibagi menjadi dua, yaitu ayam ras pedaging dan ayam ras petelur. Ayam ras pedaging adalah ayam yang dapat memproduksi daging dengan cepat (sekitar 22-40 hari).

Sementara itu, ayam ras petelur adalah ayam yang dipelihara untuk menghasilkan telur konsumsi. Daging dan telur yang dihasilkan ayam ras merupakan bahan pangan sumber protein yang murah dan mudah didapat. Penjualan daging dan telur ayam ras banyak terdapat di pasar-pasar tradisional maupun modern.cara ternak ayam

Ayam lokal seperti ayam kampung banyak dipelihara oleh peternak untuk menghasilkan daging dan telur. Walaupun produksi ayam kampung lebih lama dibandingkan dengan ayam ras (sekitar 3-4 bulan), tetapi cita rasa khasnya sangat digemari masyarakat.

Daging ayam kampung banyak dibuat menjadi menu ayam goreng dan ayam bakar sehingga mempunyai pasar khusus. Selain itu, produksi telur ayam kampung juga rendah, tetapi banyak diminati orang untuk tujuan kesehatan. Karakteristik daging dan telur ayam kampung berbeda dengan ayam ras.

Walaupun ayam kampung dan ayam ras memiliki karakter yang berbeda, keduanya tetap menjadi sumber bahan pangan yang potensial untuk dikembangkan dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan salah satunya adalah dengan mengembangkan sumber-sumber rpotein hewani untuk memenuhi swasembada pangan. Jika dibandingkan dengan ternak lainnya, ayam ras dan ayamm kampung berkembang sangat pesat.

Artikel terkait.

Telur ayam kampung menjadi pilihan alternatif masyarakat dengan potensi pasar yang berbeda dengan telur ayam ras. Telur ayam ras umumnya menjadi telur konsumsi sehari-hari, sedangkan telur ayam kampung lebih banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan.

Presentase produksi daging ayam ras sangat tinggi dibandingkan dengan daging sapi yang rata-rata hanya 17-19%. Masyarakat lebih memilih daging ayam ras karena harganya lebih murah. Sementara itu, minat masyarakat terhadap daging sapi biasanya hanya pada hari besar tertentu sehingga permintaannya tinggi.

Sebagai sumber protein hewani, telur juga menjadi pilihan masyarakat. Telur yang banyak diminati oleh masyarakat adalah telur ayam ras yang menempati permintaan tertinggi diikuti oleh telur itik dan telur ayam kampung.

Perkembangan industri perunggasan juga didukung oleh perkembangan penelitian yang hasilnya sudah banyak digunakan. Penelitian yang menghasilkan genetik ayam sebelum tahun 1980 dan setelah tahun 2000 sangat berbeda.

Pada tahun 2000 dihasilkan genetik ayam ras pedaging yang menghasilkan efisiensi ransum semakin tinggi (1,5-1,6) dengan bobot badan lebih tinggi (1,9-2 kg) dan waktu panen yang lebih singkat (35 hari). Perkembangan genetik ayam ras petelur juga terlihat dari total produksi telur. Pada umur 76 minggu produksinya menjadi lebih tinggi yaitu 329 butir.

Perkembangan penelitian untuk menghasilkan nilai tammbah dari telur sudah banyak dilakukan, seperti telur kaya omega 3, telur kaya vitamin E atau selenium, telur kaya antioksidan, telur kaya lutein dan karotinoid, telur herbal, telur rendah kolestrol, telur bebas residu obat, serta telur organik.

Telur tersebut dibuat berdasarkan pengetahuan terhadap potensi bahan baku pakan yang digunakan di dalam pakan sehingga dapat menghasilkan telur yang khusus. Telur khususu ini diproduksi dan dipasarkan dengan tujuan untuk memenuhi permintaan konsumen yang membutuhkan bahan pangan sumber protein yang aman dan berkhasiat untuk kesehatan.

Tulisan terkait :
loading...
Tips Sebelum Memulai Berternak Ayam | Penulis | 4.5