Tips Memilih Makanan Ikan Koi

Tips memilih makanan ikan koi.Pada dasarnya Koi adalah hewan pemakan segalanya (omnivora), karena itu dapat diberikan makanan apa saja. Makanan Koi dapat diberikan dalam bentuk alami maupun bentuk pellet. Makanan alami diperoleh dari sayuran dan binatang yang ada di sekitar kita.

Untuk pertumbuhan misalnya dapat diberikan cacing sutera, ulat hongkong, bekicot, udang, kerang, cacing tanah, Dapnia (kutu air) dan lain-lain. Dari sayuran dan buah-buahan dapat diberikan kangkung, wortel, semangka, jeruk dan lain-lain.

Artikel terkait.

Makanan Koi dalam bentuk pellet juga memiliki bentuk dan kandungan gizi yang beragam pada umumnya ada dua bentuk: mengambang dan tenggelam. Makanan mengambang memudahkan kita untuk melihat dan mengamati ikan Koi saat mengkonsumsi makanan di permukaan.

Harga pellet juga sangat beragam, dari yang berharga murah sampai yang mahal. Pakan Koi import dari Jepang biasanya berharga mahal tetapi berkualitas bagus. Pakan Koi yang baik adalah makanan yang mengandung semua zat yang dibutuhkan koi.

Selain itu makanan yang baik tidak membuat kolam koi menjadi keruh dan tidak menyisakan banyak residu. Pakan Koi berharga mahal biasanya diberikan untuk Koi kelas biasa hanya akan mengahambur-hamburkan uang, karena tidak akan memberikan perubahan yang signifikan pada ikan koi.

Dari segi kandungan makanan koi memiliki beberapa fungsi, untuk pertumbuhan biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi. Untuk mencerahkan warna biasanya mengandung karoten sebagai color enghancher seperti Ganggang Spirulina yang banyak mengandung karoten. karoten merupakan zat yang terkandung dalam tumbuhan yang bermanfaat bagi kecermelangan warna Koi.Tips memilih pakan ikan koi

Ganggang spirulina banyak mengandung zat ini. Karoten mempengaruhi pigmentasi merah, tapi jika digunakan pada konsentrasi terlalu tinggi mengakibatkan pigmen putih pada koi akan menjadi merah muda.

Warna ikan Koi yang baik tidak hanya ditingkatkan dengan makan penambah warna yang baik saja, tetapi perlu makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh yang baik karena ikan yang sehat cenderung memiliki warna lebih terang daripada yang berpenyakit.

Artikel terkait.

Warna putih pada koi akan cemerlang jika kondisi lingkungannya baik di air yang kaya fitoplankton hijau (tanaman bersel tunggal). Akan tetapi pada kolam yang mengandung fitoplankton sulit untuk menikmati keindahan Koi karena air berwarna hijau, karena itu perlu makanan diet yang akan meningkatkan pigmentasi merah.

Pigmen hitam diperkaya dalam hard water yaitu air dengan tingkat pH 7,5-88,5. Akan tetapi mengubah dan tingkat pH air dapat mempengaruhi toksisitas amonia dan nitrit.

Memberi makan ikan koi

Kebanyakan orang umumnya memberi makan Koi 2-5 kali sehari. Jika Koi diberi makan sekitar 2-3 kali sehari, mereka akan tumbuh lebih lambat dibandingkan jika diberi makan 5 kali sehari. Jika mereka diberi makan 3-5 kali sehari, mereka akan tumbuh cepat dan mencapai ukuran maksimum lebih cepat.

Tips membarui makan ikan koi adalah lebih baik memberi makan dalam jumlah sedikit tetapi dalam frekuensi yang sering dibandingkan memberi makanan dalam jumlah banyak dalam frekuensi yang sedikit.

Pada dasarnya ikan Koi tidak memiliki perut, jika sudah penuh, meski masih mau makan makanan akan langsung dikeluarkan sebagai kotoran. Semakin banyak ikan koi diberi makan, semakin banyak kotoran yang akan dikeluarkan.

Karena itu yang perlu dipertimbangkan agar jangan sampia overfeeding. Overfeeding akan membuat kolam mudah kotor dan dalam jangka panjang perut koi menjadi buncit (potbelly).

Tulisan terkait :
loading...
Tips Memilih Makanan Ikan Koi | Penulis | 4.5