Tempat Kandang Yang paling Disukai burung Merpati

Pemanfaatan tempat perlu disesuaikan dengan sasaran kita memelihara merpati. Tempat kandang yang paling di sukai burung merpati adalah di tempat ketinggian.Memelihara burung merpati secara sederhana, yaitu dengan membiarkannya secara bebas, adalah paling murah biayanya. Sebab kita hanya perlu menyediakan tempat yang minimum bagi burung merpati , yaitu hanya menyediakan tempat bertengger dan berteduh serta kotak sarang untuk berkembang biak. Cara ini menguntungkan dilihat dari segi penyediaan tempat. Tetapi ini sering merugikan orang lain sebab burung dapat mengotori rumah dan pekarangan orang sekeliling.

Juga dari segi kemurnian burung menjadi tanda tanya bila kita memelihara beberapa jenis burung dan berkembang biak bersama-sama. Di samping itu, risiko hilang mudah terjadi. Dilihat dari segi itu maka memakai ruangan yang tidak dipakai akan lebih menguntungkan.

Artikel terkait.

Sudah tentu pengubahan disana sini perlu dilakukan, seperti menutup celah-celah lubang udara dengan kawat dan penyediaan tenggeran serta kotak-kotak penangkaran. Dengan keadaan lantai yang boleh dikatakan masih baik maka soal pembersihan tempat itu tidaklah terlalu sulit. Bila kita mau memelihara merpati pos dan membudidayakannya, maka pilihan untuk memanfaatkan tempat-tempat yang tidak terpakai hendaknya diarahkan pada tempat-tempat yang tinggi di atas tanah. Pada rumah tingkat, misalnya, ruangan di tingkat atas akan lebih cocok bagi pemeliharaan dan penangkaran burung ini.

Bahkan mempunyai udara terbuka yang tidak terganggu oleh keadaan sekeliling. Adanya kawat, tiang antena, pohon-pohon tinggi dapat mempengaruhi prestasi burung dalam suatu perlombaan yang diikutinya. Suasana terbuka itu berkaitan erat dengan peralatan untuk mendarat bagi merpati pos –  ini akan menjadi jelas bila kita mempelajari masalah merpati pos.kandang burung merpati,tempat kandang di sukai burung merpati

Merpati hanya memerlukan sebuah tempat sebesar piring makan sebagai tempat bertelur, mengeram dan membersarkan anak. Tetapi tempat sekecil itu agak kurang serasi bila diletakkan di tempat terbuka. Burung lebih menyukai adanya kotaok yang kemudian kotak itu menjadi “hak” nya sendiri untuk dipakai tanpa diganggu oleh burung lain. Di dalam kotak inilah sarang sepantasnya berada. Kita memang perlu mengikuti selera burung, sehingga kita juga perlu menyediakan sebuah kotak sebagai tempat pribadi bagi sepasang burung. Dan kotak sarang ini perlu disediakan pada ruangan di mana burung itu dikurung.

Sudah tentu besar-kecilnya kotak sarang itu banyak bergantung pada ukuran badan burung yang kita pelihara. Ada pihak yang berpendapat, bahwa kotak sarang berukuran 35 cm x 35 cm x 35 cm, cukup untuk burung merpati yang berukuran badan sedang, seperti merpati yang biasa kita kenal. Bagi burung-burung yang memiliki ukuran badan lebih besar diperlukan kotak sarang yang berukuran lebih besar pula. Ada merpati yang badannya langsing tetapi tinggi sehinggga perlu dibuatkan kotak sarang yang tingginya melebihi tinggi burung.

Dari mereka yang biasa menangani burung-burung merpati ini, ada yang usul agar disediakan dua buah sarang pada kotak sarang yang ada. Gunanya adalah memberi kesempatan burung untuk betelur lagi sewaktu burung masih membesarkan anak-anaknya, sedang anak-anak itu belum meninggalkan sarang. Dengan cara seperti itu maka kita dapat memperkirakan ukuran kotak sarang itu, yakni kurang lebih sebesar mangkok. Mangkok ini dapat kita buat dari kayu, atau kita memakai alat tembikar yang cekung, atau juga sejenis “tatakan” pot kembang dari tanah. Bahkan kita juga dapat memakai keranjang dari anyaman bambu.

Dengan menyediakan tempat bertelur seperti ini, jadi kita tidak membiarkan burung bertelur di lantai kotak, maka kita lebih mudah membersihkan kotak sarang itu dari kotoran burung, suatu hal yang perlu kita lakukan sesering mungkin bila kita dapat melakukannya tanpa mengganggu telur dan burung yang sedang mengeram, atau mengganggu anak-anak burung.

Artikel terkait.

Bahan-bahan sarang sudah tentu perlu kita sediakan, bila burung dalam keadaan terkurung. Burung akan membuat sendiri sarangnya dengan bahan-bahan yang tersedia, tetapi tidaklah salah kalau kita menyodorkan mangkok sarang yang sudah terisi bahan-bahan sarang. Potongan-potongan jerami dan rumput kering merupakan bahan sederhana yang dapat kita sodorkan kepadanya.

Bahan serutan kayu dan serutan bambu juga dapat dipakai sebagai bahan sarang. Ada pula pihak yang mengusulkan agar kayu dari batang tembakau dipakai sebagai bahan sarang. Gunanya adalah untuk menghalau binatang-binatang kecil seperti tungau, tembakau yang ditaburkan di alas mangkok dapat menghalau tungau-tungau ini, dan ini telah dikerjakan oleh orang-orang tertentu.

Tulisan terkait :
loading...
Tempat Kandang Yang paling Disukai burung Merpati | Penulis | 4.5