Telur Burung Walet Dan Cara Penetasanya

Telur burung walet dan cara penetasanya.Teknik ganti telur dapat diterapkan pada rumah walet yang sudah dihuni seriti, dan sriti sudah membuat sarangnya di kerangka langit-langit. Jika rumah belum dihuni seriti perlu diundang lebih dulu.

Caranya tidak berbeda dengan mengundang walet, untuk mendapatkan telur walet tidak terlalu sulit karena saat ini sudah banyak yang menjualnya, teknik pergantian telur cukup mudah, telur seriti yang masih berada di sarangnya diganti dengan telur walet.

Artikel terkait.

Tujuannya untuk mengelabui seriti agar mau mengerami telur walet hingga menetas. Telur walet yang akan dipergunakan untuk mengganti telur seriti harus fertil (Hidup). Fertil tidaknya telur dapat dilihat dengan cara menghadapkan telur itu ke sinar matahari atau alat candling, yang fertil ditandai dengan adanya noktah hitam dan semacam serat-serat halus yang bergerak di sekelilingnya.

Sedangkan telur infertil (mati) hanya mengandung noktah hitam tanpa serat-serat halus. Disamping Fertil, kondisi telur walet juga harus bagus dan tidak retak. Telur retak dapat mengandung semut, cecak maupun tokek yang merupakan momok bagi walet.

Peletakan telur sebaiknya menggunakan sendok, jika dengan tangan sebaiknya menggunakan sendok, jika dengan tangan dikhawatirkan seriti tidak mau mengerami karena bau tangan. Waktu yang tepat untuk mengganti telur adalah saat seriti sedang keluar mencari pakan (siang hari).

Sebaiknya penggantian telur dilakuan ketika populasi seriti sudah banyak, pada tiap sarang seriti ditempatkan 2 butir telur walet yang beratnya masing-masing 5.8 gram. Jika jumlahnya kurang atau lebih bisa jadi si seriti curiga dan tahu dirinya dikelabui, sehingga calon induk asuh ini tidak mau mengerami, untuk mendapatkan hasil tetas terbaik umur telur yang diletakkan dianjurkan tidak lebih dari 1 hari.Telur Burung Walet Dan Cara Penetasanya

Telur yang umurnya lebih 1 hari diinapkan daya tetasnya kurang bagus. Pada musim hujan daya tetas telur umumnya lebih tinggi dibandingkan saat musim kemarau. Pasalnya kondisi dalam rumah walet cenderung lembab ketika musim hujan.

Proses penetasan telur memang memerlukan kelembaban tinggi sekitar 90% kelembapan setinggi ini dapat direkayasa dengan menggunakan pipa-pipa paralon yang menghembuskan air lewat lubang-lubangnya.

Artikel terkait.

Telur walet menetas setelah 15 hari. Seriti sebagai induk asuhnya akan memelihara dan merawat anak walet seperti merawat anaknya sendiri. Induk ini akan menyuapinya sampai si anak mampu terbang dan mencari pakan sendiri. Setelah anak walet mandiri seriti akan pergi meninggalkan sarangnya. Namun walet muda tetap tinggal di sarang untuk berbiak dan membuat sarang.

Anak Walet

Sebagian orang menganggap pemalsuan telur ini masih kurang cepat mendatangkan hasil. Untuk itu, mereka langsung menempatkan anak walet di sarang seriti, karena menempatkan anak walet resiko kegagalannya lebih kecil dibandingkan dengan penggantian telur. Anak telur walet yang bisa ditaruh di sarang seriti berkisar 1-14 hari.

Anak walet yang kurang dari 2 minggu diharapkan dapat beradaptasi dengan kondisi rumah walet, anak walet mulai belajar terbang sekitar 43 hari ketika bulu sayap sudah lengkap dan masih menggantung di sarang. Pada saat belajar terbang, caranya anak walet yang sudah lapar dilepaskan di ruang tertutup (kamar) yang gelap di dalam rumah walet.

Pada bagian tengah ruangan dipasang lampu sebagai penerang. Kemudian lepaskan serangga-serangga kecil, seperti wereng atau semut terbang di dekat lampu. Lampu anak-anak walet yang lapar akan tertarik untuk menyambar serangga.

Setelah anak walet masih berburu, mereka lantas dilepas bebas di rumah walet. Sebelum pelepasan, lubang keluar masuk burung dipasang kawat kasa untuk mencegah burung terbang keluar rumah. Suplai pakan tetap diberikan berupa serangga tangkapan dari alam.

Setelah lima hari, kawat kasa dilepas. Anak-anak walet dibiarkan mencari pakan sendiri dialam bebas. Kembali tidaknya anak-anak walet tergantung ketersediaan pakan dilingkungan sekitar rumah walet. Dalam hal ini kondisi rumah juga tidak bisa dikesampingkan.

Tulisan terkait :
loading...
Telur Burung Walet Dan Cara Penetasanya | Penulis | 4.5