Teknik Menetasan Telur Burung Walet Pada Sarang Seriti

Teknik menetaskan Telur burung walet pada sarang seriti.Teknik penetasan telur walet, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Teknik penetasan yang sering digunakan oleh peternak walet yaitu dengan menetaskan telur walet dengan bantuan induk burung seriti, menetaskan telur walet dengan bantuan induk seriti kembang, menetaskan telur walet dengan alat mesin tetas, dan menetaskan telur walet dengan induk walet.

Telur walet bisa didapatkan dengan membeli di tempat pembudidayaan walet, membeli dari pedagang telur walet atau mengambil dari rumah walet sendiri dengan syarat jumlah sarang sudah 5 kg.

Artikel terkait.

menetaskan telur walet pada sarang sriti

Penetasan walet jantan dan betina harus memenuhi proporsi 1 : 1. Telur walet bisa dengan cara ditetaskan di sarang sriti. Caranya dengan mengganti telur sriti dengan telur walet. Teknik penetasan pada sarang sriti ini perlu memperhatikan proses penggantian, dalam hal ini adalah waktu menggantinya saat induk sriti meninggalkan sarang untuk mencari makan, jumlah telur yang di ganti dua telur saja.

Posisinya harus sama dengan posisi telur sriti yang diganti, dan cara mengambil maupun meletakkan telur walet harus menggunakan alat sendok atau menggunakan sarung tangan karena sriti tidak akan mau mengerami telur yang bau tangan manusia. Lama penetasan telur biasanya 21 hari.Teknik Penetasan Telur Burung Walet Pada Sarang Seriti

Pada saat musim bertelur burung sriti tiba, telur sriti diganti dengan telur walet. Pengambilan telur harus dengan sendok plastik atau kertas tisue untuk menghindari kerusakan dan pencemaran telur yang dapat menyebabkan burung sriti tidak mau mengeraminya.

Penggantian telur dilakukan pada siang hari saat burung sriti keluar dari gedung mencari makan. Selanjutnya telur-telur walet tersebut akan dierami oleh burung sriti dan setelah menetas akan diasuh sampai burung walet dapat terbang serta mencari makan.

Seriti yang membuat sarang di rumah walet dan menghasilkan telur dapat dijadikan sarana untuk menghadirkan walet. Cara ini dikenal dengan istilah ganti telur. Dengan cara ini, anakan walet bisa diternakan di dalam rumah.

Artikel terkait.

Seriti (Collacalia Esculenta) sering dijadikan pendahulu dalam menjaring walet, yakni dengan cara pemalsuan telur. Hal ini seriti mempunyai perilaku mirip dengan walet, dalam bertelur sama-sama menghasilkan 2 butir, ukuran dan warna tubuhnya pun hampir sama bedanya bulu perut seriti berwarna putih.

Begitu juga dengan anakan sangat mirip sampai-sampai seriti tidak bisa membedakan anaknya sendiri dengan anak walet. Prakter pemalsuan telur ini diharapkan dapat mempercepat kehadiran walet.

Tulisan terkait :
loading...
Teknik Menetasan Telur Burung Walet Pada Sarang Seriti | Penulis | 4.5