Teknik Pemberian Pakan Itik Agar Cepat Besar

Teknik pemberian pakan itik agar cepat besar-Manajemen pakan itik yang efisien dapat dilakukan dengan memperbaiki beberapa hal yang terkait dengan peningkatan produktivitas itik, yaitu sebagai berikut.

Pakan itik yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan nutrien. Pakan yang disusun berdasarkan kebutuhan nutrien yang tepat akan memberikan efisiensi pakan yang tinggi. Itik mempunyai periode pertumbuhan yang cepat pada minggu-minggu awal, kemudian kecepatan pertumbuhan makin lambat dan stabil bila mencapai dewasa kelamin.

Artikel terkait.

Adapun pola produksi telur pada awal berproduksi rendah kemudian mencapai puncak produksi dan mulai menurun. Fase-fase yang berbeda tersebut mempunyai kebutuhan nutrien yang berbeda-beda.

Pemerintah telah menetapkan standar ransum itik yang dikeluarkan pada tahun 2006 dengan mengeluarkan SNI itik untuk meri, SNI itik dara, dan SNI untuk itik betelur.

Penelitian tentang kebutuhan nutrien juga banyak dilakukan oleh para peneliti dari instansi pemerintah ataupun dari perguruan tinggi. Peternak dapat menyusun ransum yang efisien berdasarkan SNI atau hasil penelitian yang lebih spesifik.Teknik Pemberian Pakan Agar Cepat Besar

Pakan disusun dengan mencampur beberapa bahan pakan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Pakan berkualitas baik mempunyai kandungan nutrien sesuai dengan kebutuhan dan kadar serat kasar rendah di bawah standar maksimal, tidak terdapat zat antinutrien, belum terjadi proses ketengikan ataupun serangan kutu atau serangga, atau tidak berjamur.

Penggunaan pakan alternatif dalam ransum harus memperhatikan kandungan serat kasar ransum. Umumnya pakan alternatif mengandung kadar serat kasar tinggi.

Jumlah pemberian pakan. Jumlah pemberian pakan yang cukup sehingga nutrien yang masuk ke dalam tubuh cukup untuk pertumbuhan dan produksi akan meningkatkan efisien pakan.

Artikel terkait.

Pemberian pakan yang efisien dipengaruhi jumlah dan bentuk tempat pakan yang digunakan. Salah satu hal yang menyebabkan efisiensi ransum rendah karena tingginya jumlah pakan yang tercecer akibat bentuk tempat pakan yang kurang baik.

Tempat pakan dan air minum yang otomatis dapat menekan tercecernya pakan. Jumlah tempat pakan yang kurang akan menyebabkan adanya itik yang tidak dapat bersaing dengan yang lainnya sehingga pertumbuhan dan produksi telurnya rendah.

Ketersediaan air minum yang cukup dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan. Air di dalam tubuh berperan dalam proses pencernaan dan metabolisme nutrien yang terkandung di dalam pakan sehingga air minum harus selalu tersedia.

Itik yang dipelihara mempunyai produktivitas yang baik. Sebaiknya itik yang dipelihara sudah melalui seleksi terhadap pertumbuhan, produksi tlur, dan lama rontok bulu.

Tulisan terkait :
loading...
Teknik Pemberian Pakan Itik Agar Cepat Besar | Penulis | 4.5