Teknik Membuat Rumah Sarang Burung Walet

Teknik membuat rumah sarang burung walet.Setiap makhluk hidup pada dasarnya memilih tempat untuk tinggal, berkembang biak dan nyaman. Begitu pula burung walet, semakin aman dan nyaman tempatnya maka semakin bertambah pula jumlah populasinya.

Walet akan mencari makan dengan keluar dari gua, lalu mencari serangga-serangga di daerah padang rumput, persawahan, perairan, dan tempat-tempat lain yang banyak dihuni serangga. Setelah selesai mencari makan, walet akan kembali ke tempat tinggal semula lalu bersarang dan berkembang biak.

Artikel terkait.

Tekik membuat rumah walet adalah dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang penting sebelum menderikan gedung/rumah walet, diantaranya adalah mengenal lingkungan asli walet, mempelajari areal yang digemari walet, penentuan lokasi walet, dan menciptakan kondisi didalam gedung/rumah walet itu sendiri yang merupakan faktor yang sangat penting.

Banyak gedung/rumah walet yang salah dalam mendesain rumah walet karena kurang memahami habitat aslinya, pembangunan gedung/rumah lokasi yang kurang tepat, sehingga akhirnya walet takĀ  mau tinggal di dalamnya.

Lingkungan Asli Walet

Habitat asli burung walet berada di gua-gua alam sebagai tempat mengembangbiakan populasinya. Tempat yang sesuai dengan habitat walet bersuhu antara 27 – 29 derajat C, berkelembapan udara 75-90% dan dekat dengan tempat ia mencari makan.Teknik Membuat Rumah Sarang Burung Walet

Harus aman dari gangguan binatang predator, terlindung dari terpaan angin, terik matahari, hujan dan cahaya yang terang. Cahaya dalam rumah walet tidak boleh melebihi 2fc (foot candle) setara dengan cahaya 2 buah lilin.

Beberapa elemen penting lain yang mendukung terciptanya habitat walet yang baik sebagai berikut:

Artikel terkait.
  1. SuhuBerdasarkan habitat aslinya suhu paling ideal di dalam gedung walet berkisar antara 27 – 29 derajat C. Suhu tersebut dapat tercipta apabila ketebalan dinding, atap, lebar ruangan, dan jumlah ventilasi yang ada tertata dengan baik. Penggunaan termometer sangat diperlukan, sehingga suhu udara dapat dipantau setiap saat.
  2. KelembapanKelembapapn gedung walet juga harus memiliki kelembapan yang sesuai layaknya gua. Idealnya, kelembapan gedung walet berkisar 75-90%. Untuk mengukur kelembapan ruangan dapat digunakan hygrometer.
  3. PencahayaanWalet adalah burung yang agak sensitif. Walet relatif memilih sarang yang relatif tersembunyi dan sebisa mungkin menghindari segala bentuk aktivitas manusia. Karena itu, gedung walet yang dibangun harus mampu meniru kondisi tersebut.
Tulisan terkait :
loading...
Teknik Membuat Rumah Sarang Burung Walet | Penulis | 4.5