Teknik Memberikan Ransum Pada Sapi

Bagaimna cara serta Teknik memberikan ransum pada sapi secara benar?.Sapi yang akan di gemukkan dan memperoleh ransum yang terdiri dan hijauan serta konsentrat harus kita atur pemberianya supaya tercapai hasil yang sangat memuaskan.

Pengertian konsentrat dalam bab ini yaitu berupa satu bahan pakan atau terdiri dari campuran beberapa bahan dan pakan sapi yang banyak mengandung serat kasar atau bahan tercerna relatif lebih rendah.

Artikel terkait.

Dalam kita memberikan konsetrat serta pakan hijauan harus kita atur dalam teknik yang memberikan tingkat kecernaan ransum yang lebih tinggi.sebab pemberian hijauan yang hampir bersamaan dengan pemberian konsentrat bisa berakibat terjadi penurunan kecernaan hijauan di dalam rumen.

hal ini bisa terjadi sebab Mikroorgranisme dalam rumen tersebut mempunyai preferensi untuk mencerna konsentrat terlebih dahulu.yang intinya,konsentrat akan lebih mudah di cerna dari pakan hijauan,images (11)

Dalam pemberian konsentrat dalam 2 jam sebelum pemberian pakan hijauan akan meningkatkan kecernaan bahan kering serta bahan organik ransum.hal ini bisa terjadi sebab konsentrat yang relatif banyak mengandung pati sebagian besar sudah di cerna oleh Mikroorganisme rumen pada saat hijauan mulai masuk kedalam Rumen.

Teknik dalam kita memberikan ransum yang baik pada sapi untuk memcapai bobot badan yang lebih tinggi serta pengemukan sapi potong adalah dengan cara mengatur jarak waktu antara pemberian konsentrat dengan pakan hijauan.

Pemberian konsentrat dalam kita lakukan dua kali dalam sehari atau tiga kali dalam sehari semalam.pemberian konsentrat dua kali sehari semalam dapat kita lakukan pada pagi hari sekitar pukul 9 dan sekitar pukul 16.00.lain lagi dengan pemberian konsentrat yang kita lakukan 3 kali dalam satu hari satu malam.hal ini dapat kita lakukan pada pukul 07,pukul 12 dan pukul 16.00.

Pembberian hijauan yang pertama kali di lakukan adalah sekitar dua jam setelah pemberian pakan konsentrat pada pagi hari.dalam kita memberikan hijauan ini sebaiknya di lakukan secara bertahap serta minimal 3-4 kali dalam sehari satu malam

Artikel terkait.

Frekuensi pemberian hijauan yang lebih sering kita lakukan dapat meningkatkan kemampuan sapi untuk mengkonsumsi ransum dan juga meningkatkan kecernaan bahan kering hijauan itu sendiri.

Cara kita memberikan pakan hijauan untuk sapi yang akan kita gemukan,sebaiknya di hindari pemberian yang sekaligus dalam jumlah banyak.pemberian pakan hijauan yang demikian ini akan berakibat pada banyaknya hijauan yang terbuang dan yang tidak di makan oleh sapi.

Teknik dalam pemberian ransum yang lebih baik pada penggemukan sapi dengan ransum yang terdiri dari konsentrat dan hijauan.semoga bisa bermanfaat…

Tulisan terkait :
loading...
Teknik Memberikan Ransum Pada Sapi | admin | 4.5