Teknik Memancing Dan Merumahkan Burung Walet

Teknik Memancing dan merumahkan burung walet.Tahap berikutnya setelah selesai pembangunan gedung/rumah walet adalah menunggu walet masuk dan bersarang di tempat tersebut. Memikat burung walet merupakan upaya untuk membuat walet masuk, berkembang biak, dan bersarang di dalam gedung.

Saat ini banya teknik memancing walet yang digunakan pemilik gedung, yang berasal dari pengalaman maupun kebiasaan, dengan tingkat keberhasilan beragam.

Artikel terkait.

Teknik memikat walet antaralain dengan pancing telur atau putar telur, menggunakan sriti kembang, menggunakan suara/audio, menggunakan aroma, menggunakan pakan dan air, serta menggunakan sarang kertas.

Namun, sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai teknik memikat walet, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari burung walet itu sendiri, pengontrolan ulang kondisi gedung pasca pembangunan dan faktor musim perkembangbiakan walet.

1. Perkembangbiakan

Burung walet mempunyai fase berkembangbiakan (musim kawin) sepanjang tahun. Musim ini ditandai dengan banyaknya kawanan walet yang saling berkejaran dan mengeluarkan suara tentu untuk menarik hati lawan jenisnya. Musim kawin biasanya terjadi pada musim penghujan, hal ini dikarenakan populasi pakan yang melimpah pada musim penghujan.Teknik Memancing Dan Merumahkan Burung Walet

Pada umumnya burung walet mengalami masa kawin dua kali setahun. Proses perkawinannya terjadi  pada malam hari ketika burung walet telah kembai ke sarangnya.

2. Ekolokasi

Artikel terkait.

Ekolokasi merupakan karakter burung walet yang sangat unik. Ekolokasi adalah kemampuan untuk mengeluarkan suara berfrekuensi tertentu (biasanya frekuensi tinggi) secara terputus-putus dan kemudian menangkap kembali pantulan suara tersebut untuk menentukan jarak dan letak sebuah benda. Hal ini memungkinkan walet untuk terbang dimalam hari atau di tempat yang gelap.

Selain untuk menentukan keberadaan sarang walet, burung walet juga menggunakan ekolokasi untuk berkomunikasi seperti memberikan peringatan berbahaya kepada burung walet yang lain.

Kontrol Kondisi Gedung

Pengontrolan kondisi gedung pasca pembangunan perlu sering dilakukan, agar sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan walet. Usaha pemancingan walet akan sia-sia tanpa didukung kondisi gedung yang ideal.

  • Perhatikan perilaku terbang walet di areal gedung. Jika walet hanya berputar-putar di sekitar gedung tanpa tertarik memasukinya, segera cek lubang sentral (pintu walet) atau lubang ventilasi.
  • Kebutuhan cahaya, suhu dan kelembaban harus sesuai dengan kebutuhan ekologi walet. Pantau selalu angka termometer dan higrometer yang ada di dalam gedung.
  • Perlu pula dilakukan pemeriksaan kondisi iklim mikro di sekitar gedung walet lain yang berdekatan yang sudah berproduksi (bila ada), karena tidak ada salahnya dijadikan bahan acuan.
  • Perlu pula disediakan pakan tambahan di halaman gedung (roving area) untuk memikat koloni walet.

Waktu Memancing Walet

Keberhasilan memanccing walet juga didukung oleh faktor musim. Musim berkembang biak adalah waktu paling tepat untuk memancing walet. Normalnya, walet berkembang biak sebanyak dua kali dalam setahun.

Walet-walet muda mulai mencari pasangan dan kemungkinan menghuni tempat baru sebagai hunian untuk bersarang. Jika populasi makin padat, sebagian walet akan bermigrasi ke bangunan lain.

Penyebab lain migrasi ke hunian baru adalah gagal pulang ke gedung asal atau mendapat pasangan baru dari gedung lain. Dengan demikian waktu yang tepat untuk memancing walet adalah pada musim hujan, sekitar bulan Desember, Januari, Februari. Pada musim kemarau sebaiknya pada Juni, Juli Agustus.

Tulisan terkait :
loading...
Teknik Memancing Dan Merumahkan Burung Walet | Penulis | 4.5