Spesifikasi Kandang Ternak Burung Parkit

Kandang penangkaran untuk burung parkit terbuat dari beberapa bahan.spesifikasi kandang ternak burung parkit sebaiknya di pilih bahan kandang burung parkit yang mempunyai sifat awet, keras, dan tidak mudah rapuh atau rusak yang dapat menyebabkan burung parkit kabur. Berikut ini bagian-bagian kandang penangkaran dan bahan yang digunakan pada penangkaran burung antara lain:

  • Bagian Dinding Belakang

Batu bata digunakan sebagai dinding kandang penangkaran. Batu bata dipasang dengan menggunakan cor semen dengan pasir sehingga sulit untuk dirusak oleh burung parkit. Fungsi lainnya adalah untuk meletakkan posisi glodok tempat bertelur burung parkit.

Artikel terkait.
  • Dinding Samping dan Depan

kawat ram merupakan bahan yang dipakai untuk membuat kandang penangkaran sebagai dinding sebelah samping kanan atau kiri dan bagian depan kandang. Kawat ram sulit untuk dirusak oleh burung parkit. Kawat ini disarankan kawat yang dilapisi dengan melamine, karena tidak mudah berkarat dan tidak mudah rusak.

  • Penyangga

Kayu yang digunakan sebagai penyangga pada sudut dinding sebaiknya menggunakan kayu yang sifatnya keras. Kayu ini berupa kayu jati, mahoni, kayu Kalimantan dan sebagainya.

  • Lantai

Lantai kandang penangkaran sebaiknya diplester atau dibeton. Hal ini bertujuan agar proses sanitasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Lantai yang disemen juga dapat menstabilkan keadaan suhu dan kelembapan di dalam kandang. Jika lantai yang terbuat dari semen basah bisa dikeringkan dengan cepat dan mudah. Lantai yang terlalu lembap dapat mengakibatkan burung menjadi sakit.images (4)

  • Atap

Atap bisa terbuat dari fiber atau asbes. Bahan atap disesuaikan dengan keadaan sekitar kandang penangkaran. Jika membutuhkan cahaya kandang maka bisa menggunakan bahan dari kawat ram atau fiber.

Perlengkapan Kandang

Kandang penangkaran memerlukan berbagai perlengkapan dalam mendukung budidaya parkit. Perlengkapan tersebut menjadi syarat utama yang harus ada di dalam kandang penangkaran. Perlengkapan tersebut antara lain glodok tempat bertelur burung parkit, tempat pakan, tempat minum, tenggeran, kain penutup kandang, dan kawat penggantung sayur dan tulang sotong.

Artikel terkait.

Tempat Pakan

Tempat diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh parkit muda dan dewasa. Artinya, diletakkan di tempat yang strategis yaitu pada tempat yang tidak terlalu tinggi agar anakan yang baru mulai belajar makan sendiri mampu menjangkau tempat pakan tersebut.

Tempat pakan sebaiknya dijauhkan dari tempat minum dan air hujan agar pakan tidak basah. Tempat pakan bisa terbuat dari nampan plastik atau tampah. Tempat pakan bisa diletakkan di atas lantai atau dengan cara diberi tiang agar tidak dimakan semut.

Sebaiknya tempat pakan disediakan minimal 2 buah untuk menghindari adanya kompetisi dari masing-masing burung parkit sehingga ada yang kalah dan kekurangan pakan dan dapat menyebabkan kematian jika peristiwa ini berlanjut.

Glodok

Tempat bertelur burung parkit disebut sebagai glodok yang terbuat dari kayu berbentuk kotak yang dilengkapi dengan lobang sebagai pintu masuk untuk bersarang burung parkit. Glodok diletakkan pada dinding kandang atau ditata secara bersusun di atas meja atau papan di dalam kandang penangkaran.

Glodok dianjurkan diletakkan pada papan yang kuat. Glodok yang disediakan dalam jumlah melebihi dari jumlah pasangan burung parkit agar burung parkit bebas memilih tempat bertelur yang mereka suka dan meminimalisir terjadinya kompetisi.

Daerah sekitar glodok dikondisikan terbebas dari binatang pengganggu seperti semut, tikus, dan lainnya yang bisa mengganggu burung parkit. Tikus dan semut mengganggu parkit saat mengeram dan meloloh anakan karena bau makanan dari sisa makanan yang jatuh saat dilolohkan oleh induk kepada anaknya.

Tempat Minum

Karakter yang dimiliki burung parkit adalah burung yang sedikit mengkonsumsi air minum. Pada suatu penangkaran burung parkit, dianjurkan pemberian air minum dikontrol jumlahnya.

Jika burung ini terlalu banyak mengkonsumsi air minum maka akan mengakibatkan mencret atau diare, dengan kata lain sebaiknya menghindari water bloating. Sebaiknya tempat air minum yang digunakan adalah tempat air minum yang digunakan untuk DOQ atau DOC. Selain ukurannya kecil, air yang dikeluarkannya pun juga tidak terlalu banyak.

Tenggeran

Kandang penangkaran harus dilengkapi dengan tenggeran dari cabang atau ranting pohon yang kayunya keras. Hal ini disebabkan karena burung parkit merupakan tipe burung pengerat yang mampu menghancurkan kayu dengan paruhnya.

Cabang atau ranting pohon yang digunakan bisa terbuat dari kayu asem, kayu rambutan, dan sebagainya. Tenggeran dipasang dengan posisi dekat dengan pintu glodok agar burung parkit lebih mudah dan leluasa untuk masuk ke dalam glodok.

Penutup Kandang

Penutup kandang dari kain maupun bahan lain juga diperlukan ketika cuaca di sekitar kandang sedang tidak bersahabat. Cuaca yang dingin dapat diminimalisir dengan menutupkan kain pada kandang agar burung parkit tidak terlalu kedinginan. Kain penutup kandang juga dapat digunakan sebagai pelindung dari angin berkecepatan tinggi yang masuk ke kandang penangkaran.

Kawat penggantung pakan

Kawat ini digunakan untuk meletakkan atau menggantungkan sayuran atau tulang sotong sebagai makanan burung parkit. Posisi kawat penggantung sebaiknya tepat di atas tenggeran agar burung parkit tidak kesulitan dalam menjangkau dan mudah memakannya.

Lampu Penerangan

Lampu penerangan dalam penangkaran parkit ini memang tidak terlalu vital. Tetapi alangkah baiknya jika diberikan lampu penerangan. Pemberian lampu penerangan disarankan karena untuk melakukan kegiatan burung parkit membutuhkan pencahayaan yang cukup. Misalnya untuk meloloh anakannya di malam hari.

Tulisan terkait :
loading...
Spesifikasi Kandang Ternak Burung Parkit | Penulis | 4.5