Sangkar Yang Cocok Untuk Burung Hwa Mei

Sangkar yang baik dengan ukuran yang memadai sangat menunjang perawatan hwa mei, terutama pada tahap-tahap awal. Tentunya, semua orang menginginkan hwa meinya tampak menarik saat berada di sangkarnya. Hal ini bisa dicapai dengan cara menempatkannya di sangkar yang berkualitas.

Saat ini sudah banyak ragam atau jenis sangkar yang diperjual belikan oleh para pedagang sangkar. Namun, tidak smeua jenis baik untuk dipakai memelihawa hwa mei. Karenanya, pemilik atau penggemar harus bisa memilih bentuk dan ukuran sangkar yang baik.

Artikel terkait.

Di samping itu, harus bisa memeriksa jeruji sangkar sebelum digunakan jika perlu bisa membenahi bagian sangkar yang bisa membuat hwa mei bakalan terluka. Selain sangkar segi empat dan bulat, rasanya bentuk sangkar lainnya kurang baik untuk dipakai memelihara hwa mei.

Sangkar Segi Empat

Sangkar segi empat paling baik atau paling tepat untuk memelihara hwa mei bakalan pada tahap awal. Ukuran yang paling ideal untuk hwa mei bakalan sebagai pemancing suara adalah 25 x 25 x 30 (p x l x t). Ukuran sangkar ini juga cocok untuk hwa mei betina yang sudah jinak. Jika ukurannya terlalu besar dikhawatirkan hwa mei bekalan melakukan gerakan salto.

Dengan tinggi 30 cm, tenggeran bisa ditempatkan 10 cm dari dasar sangkarnya. Kondisi ini memperpendek jarak kepala dengan bagian atas sangkar, sehingga bisa mencegah hwa mei melakukan gerakan melompat ke belakang (salto). Di samping itu, menghindari hwa mei bakalan yang masih liarĀ  melakukan gerakan mengadahkan kepalanya ke atas (nenggak).

Ukuran sangkar bisa diperbesar menjadi 30 x 30 x 35 cm jika hwa mei yang dipelihara sudah agak jinak atau sudah mulai berkicau di tempat rendah dengan suara yang baik. Ukuran ini sudah cukup besar dan maksimal untuk hwa mei. Jadi, sebaliknya tidak memelihara hwa mei dengan sangkar yang lebih besar lagi.sangkar yang cocok untuk burung Hwa mei

Sangkar Bulat

Artikel terkait.

Sangkar bulat termasuk sangkar yang paling umum dan paling banyak dipakai untuk memelihara hwa mei. Meskipun demikian, kurang baik untuk merawat hwa mei bakalan yang masih liar. Selain bisa merusak bagian pangkal paruh burung bakalan, juga bisa membuat hwa mei melakukan gerakan salto dan nenggak.

Pangkal paruh hwa mei bakalan yang liar bisa rusak karena jeruji sangkar bulat biasanya lebih jarang dan biasanya berdiameter 30 cm dengan tinggi 35-40 cm. Dengan demikian, sangkar bulat hanya baik untuk hwa mei yang telah jinak atau sudah rajin berkicau (terlatih), baik untuk perawatan di rumah maupun untuk kontes. Memilih sangkar bulat harus teliti, karena tingkat kualitasnya tidak sama dan harganya bervariasi. Biasanya sangkar bulat yang tidak berkualitas bermasalah di bagian pintunya.

Untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan sangkar bisa dilakukan dengan cara mengecatnya. Pengecatan ini juga bisa mencegah hwa mei bakalan rusak atau cacat. Di samping itu, warna cat (cokelat, mahoni, hitam dan merah) yang dipakai bisa menambah daya tarik sangkar dan hwa mei yang ada di dalamnya.

Tenggeran

Tenggeran untuk burung peliharaan sebaiknya tenggeran buatan. Tenggeran dibuat dari kayu berbentuk bulat dan bagian bawahnya kasar seperti ampelas (kertas pasir) untuk mengikis ujung kuku burung. Diameter tenggeran yang baik untuk hwa mei minimum 2 cm. Tenggeran harus dipasang dengan kokoh atau tidak tergoyang-goyang agar hwa mei bisa lebih tenang saat bertengger. Tenggeran buatan bisa diperoleh di kios penjual pakan burung atau penjual sangkar.

Tujuan digunakannya tenggeran buatan adalah agar hwa mei menjadi terbiasa sejak masih bakalan. Di samping itu, hwa mei tampak gagah jika bertengger di tenggeran buatan. Dari beberapa pengalaman, hwa mei yang biasa dipelihara dengan tenggeran biasa (cabang kayu) akan berlompatan saat betengger di tenggeran. Ada kalanya hal tersebut berlanjut dalam waktu sama dan hwa mei tidak mau berkicau, karena geli atau ketakutan, dan akhirnya bisa mengalami stres. Jadi, sebaiknya penggunaan tenggeran buatan dibiasakan sejak awal.

Tempat Pakan dan Tempat Minum

tempat pakan dan tempat minum sebaiknya yang berukuran sedang. Pelengkap sangakr ini ada yang terbuat dari plastik, kayu, dan keramik yang dikemas komplit dalam satu set. Untuk hwa mei baklana sebaiknya dipakai wadah yang dibuat dari plastik.

Hal ini dimaksudkan agar pakan atau air minum yang berada di dalamnya terlihat jelas. Jika hwa mei sudah terlatih, wadah dari bahan lain bisa dipakai, karena hwa mei sudha terbiasa dipelihara di dalam sangkar. Di samping itu, bahan bekas bisa juga dipakai, tetapi akan menguranig keindahan sangkar.

Kain Penutup Sangkar

Para penggemar burung berkicau pasti bisa memastikan bahwa sangkar burung yang ditutup kain pada siang dan malam hari adalah sangkar hwa mei. Kain penutup sangkar ini memang seolah-olah identik dengan hwa mei. Kondisi ini sudah ada dan bertahan sejak burung tersebut didatangkan atau diimpor. Sangkar hwa mei yang selalu ditutupi kain dimaksudkan untuk mencegah hwa mei terus-menerus berkicau. Jika terus-menerus berkicau, di khawatirkan hwa mei akan kehabisan tenaga.

Sangkar hwa mei bakalan sebenarnya kurang baik jika selalu ditutup kain, kecuali jika burung tersebut sedang tidak sehat atau baru dibeli dari pasar burung. Biasanya, hwa mei bakalan hanya ditutup sangkarnya menjelang malam hari, agar bisa lebih tenang.

Penggemar yang telah memahami karakter hwa mei akan menutup sangkar setelah hwa mei bakalan benar-benar jinak dan mulai rontok bulu atau sudah memasuki tahap awal latihan mental. Jadi, menutup sangkar hwa mei dengan kain penutup mempunyai tujuan yang rasional.

Kain penutup sangkar ini bisa dibuat dari kain bekas, tetapi tidak terlalu tebal dan kalau bisa yang tembus pandang. Sebaiknya dipastikan bahwa kain penutup selalu dalam keadaan bersih dan tidak menyimpan bau yang dapat menyebabkan hwa mei stres atau terserang penyakit.

Aksesoris Sangkar

Sangkar hwa mei impor yang berharga jutaan rupiah telah memberi inspirasi penggemar untuk memberi aksesoris (hiasan) terhadap sangkar burung berkicau jenis lain. Aksesoris sangkar bisa dimanfaatkan untuk memperindah sangkar dan untuk mengatur posisi tempat pakan dan minnum.

Bentuk aksesoris sangkar sangat beragam, baik jenis, peruntukan, maupun warnanya. Aksesoris sangkar sangat mudah diperoleh, karena tidak bisa membelinya di kios penjual pakan burung atau pedagang sangkar dengan harga yang relatif murah. Agar sangkar hwa mei tampak menarik, kita harus bisa menempatkan aksesoris si tempat yang tepat.

Tulisan terkait :
loading...
Sangkar Yang Cocok Untuk Burung Hwa Mei | Penulis | 4.5