Ragam Tingkatan Ikan Koi

Ragam tingkatan ikan koi.Sebelum kita memasuki dunia ikan koi, ada hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai kelas-kelas ikan koi. Meski jika kita ingin ikan koi dipelihara sekedar hobi semata maka hal-hal tersebut menjadi tidak penting. Asal koi yang dipilih kita suka dan indah menurut kita, tidak ada masalah dengan istilah-istilah ataupun kelas-kelas kualitas koi.

Akan tetapi jika diinginkan memelihara koi untuk tujuan kontes atau kejuaraan maka ada hal-hal baku yang perlu diperhatikan dan dipenuhi dalam memilih koi yang baik, tidak sekedar bagus menurut kita tetapi juga bagus menurut standar penjurian. Di Jepang dan dunia ada perbedaan istilah antara “Koi” dan “Nishikigoi”.

Artikel terkait.

Koi merupakan istilah bagi ikan Karper/mas sebagai ikan konsumsi sedangkan Nishikigoi merujuk pada ikan Mas yang ditunjukan untuk hiasan. Meskipun akhirnya istilah ini menjadi bercampur aduk, kadang orang menyebut koi sebagai ikan hias.

Ikan koi merupakan keluarga ikan mas (Karper) yang merupakan hasil pembiakan silang dari berbagai macam jenis dan warna ikan koi, sehingga dihasilkan warna dan pola ikan yang beraneka ragam dan memiliki keindahan.ragam tingkatan ikan koi

Proses pembiakan dan kawin saling ini dilakukan selama bertahun-tahun dan dilakukan perbaikan-perbaikan. Untuk menghasilkan koi dengan kualitas super proses seleksi berlangsung sangat ketat dan teliti. Selain menghasilkan koi dengan kualitas baik, kawin silang juga telah menghasilkan jenis-jenis koi yang beraneka ragam (Kohaku, Sanke, Showa, Ogon dan lain-lain).

Melihat proses pengembangbiakan yang sangat panjang wajar jika koi dengan kualitas super (Quality Show) berharga cukup mahal. Selain faktor keturunan yang diseleksi secara ketat tersebut, keindahahn koi sangat tergantung pada faktor lingkungan tempat ia tinggal (koam koi), koi yang bagus dan berharga mahal bisa menurun kualitasnya jika dipelihara dalam kolam yang buruk kualitas airnya.

Demikian sebaliknya koi yang semula kurang bagus bisa berubah menjadi koi yang cantik jika lingkungan dan makanannya cukup mendukung. Disinal peran hobis sangat penting dalam menentukan bagaimana bisa memprediksikan masa depan seekor ikan koi dan penting memiliki pengetahuan dalam memelihara dan merawat koi.

Sayang jika kita membeli koi dengan harga yang mahal tetapi kita tidak bisa merawatnya. Sebaliknya menjadi keuntungan jika kita membeli koi dengan harga murah tetapi dalam jangka waktu tertentu menjadi koi Juara yang harganya tidak terbatas.

Artikel terkait.
Tulisan terkait :
loading...
Ragam Tingkatan Ikan Koi | Penulis | 4.5