Ragam Jenis Burung kanari Paling Unggulan

Ragam jenis Burung Kenari paling Unggulan-Burung kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang memiliki sejarah panjang dalam proses pengembangbiakannya melalui persilangan ataupun rekayasa genetik dilihat dari perdagangannya yang luas di seluruh dunia. Itulah yang menyebabkan penggemar burung kenari cenderung terus meningkat dengan selera yang terus berkembang.

Penggemar burung kenari pun bermacam-macam. Ada penggemar yang tertarik dengan burung kenari yang berukuran tubuh kecil (kurang dari 10 cm) dengan kombinasi pola suara yang menarik dan ada pula penggemar yang berminat pada suatu pola warna tertentu dengan kombinasi pada karakter suara yang khas.Ragam Jenis Burung kanari Paling Unggulan

Artikel terkait.

Hal ini akhirnya mendorong berkembangnya usaha penangkaran yang menerapkan pengaturan perkawinan dengan cara rekayasa genetik atau persilangan (cross-breeeding) antar-jenis kenari dengan spesies lain yang masih termasuk dalam kerabat Fringillida untuk menghasilkan berbagai karakter baru. Karakter-karakter tersebut yang akan memengaruhi harga jual di pasar yang diinginkan peminat sebagai konsumen.

Selain burung kenari hasil silangan lokal, juga dikenal sebanyak jenis kenari impor dari luar negeri. Baik burung kenari jenis lokal maupun impor memiliki keunggulannya sendiri dengan variasi harga yang berbeda-beda.

Biasanya kenari impor ditandai dengan ring di pergelangan kakinya, hal ini dapat membantu penangkar agar tidak tertipu, baik dengan harga maupun dengan jenis lokal.

Saat ini di kalangan para penggemar burung kenari telah dikenal beberapa ragam jenis burung kenari peliharaan sebagai jenis-jenis populer dengan nilai komersial yang tinggi. Berikut ini beberapa jenis burung kenari yang diperjualbelikan atau dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia akan dijjelaskan secara singkat.

  1. Kenari Holland. Ukuran panjang tubuh 13-15 cm. Dikenal juga dengan nama kenari Warna (Colorbred Canary) karena warna bulunya yang indah dengan varian warna mencapai seratus persen, yaitu putih, merah wortel, abu-abu tua, oranye, kuning, hijau, dan coklat. Sangat baik untuk kontes karena suaranya yang tebal, bervariasi, dengan alunan yang mengulang.
  2. Kenari Merah (Red Canary). Warna bulunya merah dan indah dipandang. Ukuran panjang tubuh dapat mencapai 14 cm. Dikenal sebagai jenis kenari kontes terkait dengan keindahan bulu dan corak warna.
  3. Kenari Roller. Sebagian besar berwarna hijau, kuning, atau campuran keduanya. Ukuran panjang badan sekitar 12 – 12,5 cm. Terkenal sebagai burung penyanyi dengan warna suara berfrekuensi rendah dan jernih, irama kicauannya panjang sehingga disebut dengan roller, serta paruhnya hampir selalu tertutup pada saat bernyanyi.
  4. Kenari Frill. Ciri khas kenari ini adalah bulunya tumbuh terbalik ke atas sehingga tampak berjumbai-jumbai (frill). Ukuran panjang tubuhnya bervariasi, dari ukuran kecil sekitar 11 cm, ukuran sedang 15-18 cm, dan ukuran besar mencapai 20 cm.
  5. Kenari Stafford. Ukuran panjang tubuh sekitar 5 inci. Terdapat jambul (crest) di kepala. Warna bulu merah, tetapi saat ini banyak dikembangkan variasi warna seperti mosaik (berpola), melanin (coklat abu-abu, coklat susu, dan pastel), serta bont (lebih dari satu warna). Yang dikonteskan dari kenari Stafford adalah keindahan warna dan bentuk atau karakter tubuh.
  6. Kenari Gloster. Ukuran badan sekitar 11 – 11,5 cm. Warna bulu kuning serta bagian sayap dan ekor berwarna putih kehijauan. Di bagian kepala ada jambul yang berbentuk semacam topi. Para penggemar burung mengenal dua macam Glloster yaitu Gloster berjambul (gloster corona) dan gloster tak berjambul (gloster consort). Mutu suaranya mempunyai kekhasan yang terletak pada volume suara yang kecil dengan ulangan suara yang baik.
  7. Kenari Persia. Ukuran tubuh sekitar 15 cm. Dikenal dengan sebutan kenari Rasmi dan memiliki 3 kelas, yaitu Kelas A yang dihasilkan oleh penangkar profesional, Kelas B yang dihasilkan oleh penangkar semi profesional, dan Kelas C yang dihasilkan oleh penangkar amatir.
  8. Kenari Yorkshire. Ukuran tubuh mencapai 16-18 cm. Bentuk tubuhnya seperti wortel terbalik. Warna bervariasi dari polos, lurik, dan campuran (mosaik). Termasuk unggulan kontes karena suaranya yang bagus, tebal, dan keras.
  9. Kenari Lancashire. Ukuran tubuh mencapai 20 cm, sehingga dijuluki kenari raksasa (Giant canary).Umumnya berwarna kuning, ada yang berjambul (kenari Lancashire coppy) dan ada yang tidak berjambul (kenari Lancashire plainheads). Sayap dan ekor panjang dengan kepala besar serta agak panjang.
  10. Kenari Border. Ukuran kenari border sekitar 14 cm. Warnanya kuning jeruk serta ada juga yang berwarna kuning dengan warna sayap coklat atau hijau. Kenari border sudah sulit ditemukan karena sudah tidak beredar lagi.
  11. Kenari Taiwan. Jenis kenari dengan warna bulu kuning dan tampak kasar, ukurannya berkisar 14-15 cm. Alunan suaranya kurang dapat diandalkan dalam kontes karena kurang dalam dan tidak pandai menirukan jenis burung yang lain.
  12. Kenari Silangan Lokal. Jenis kenari yang didapat sebagai hasil persilangan berbagai jenis kenari yang dikembangkan di Indonesia.
Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Ragam Jenis Burung kanari Paling Unggulan | Penulis | 4.5