Perlunya Melakukan Membatasi Pakan Ayam

Perlunya melakukan membatasi pakan ayam .Teknik pembatasan pakan memiliki banyak ragam, di antaranya sebagai berikut alasanya.

  1. Pembatasan fisik pakan, yaitu menyuplai kebutuhan pakan per ekor yang harus mencukupi kebutuhan pokok ayam (1,5 kkal EM/g BW 0,67). Pembatasan ini cenderung tidak praktis karena bermasalah dalam menimbang dan menghitung konsumsi pakan per hari.
  2. Pembatasan jumlah konsumsi paka pada waktu tertentu (skip-a-day). Pembatasan jumlah pakan dihitung berdasarkan jumlah pakan ad libitum, lalu ditentukan persentase pembatasan dari konsumsi pakan ad libitum yang akan dilakuka.
  3. Menurunkan kandungan nutrien pakan (diet dilution). Cara ini dilakukan dengan mencampur pakan dengan bahan yang tidak dapat dicerna (sekam padi atau serbuk gergaji). Cara ini juga akan menurunkan kepadatan nutrisi.
  4. Pengaturan pencahayaan (step down and step up). Pengaturan pencahayaan pada pemeliharaan broiler yang umumnya dilakukan selama 23 jam/hari. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil ini adalah gen, jenis kelamin, feeder space, komposisi pakan, dan kepadatan kandang.images (12)

Pembatasan Pakan pada Broiler

Artikel terkait.

Pembatasan 25% jumlah pakan atau pemberian 75% dari pakan yang diberikan ad libitum pada umur 7-13 hari. Pembatasan pakan dilakukan selama enam hari. Setelah itu, ayam mendapatkan pakan ad libitum sampai 56 hari. Ayam diberikan pakan yang mengandung protein 21% dan EM 3.200 kkal/kg. Ayam dipelihara pada kandang litter. Pembatasan pakan ini menghasilkan hal-hal berikut.

  1. Bobot hidup umur 42 dan 56 hari sama dengna ad libitum.
  2. Konsumsi ransum total pada umur 42 hari sama dengan ad libitum, tetapi umur 56 hari lebih rendah dengan pembatasan pakan.
  3. Konversi pakan lebih pada umur ayam 42 hari sama dan pada 56 hari lebih rendah dengan pembatasan pakan.
  4. Lemak abdomen turun.

b. Pembatasan pakan melalui pengosongan pakan pada tempat pakan dimulai dari umur 7-14 hari dan dari umur 7-21 hari. Periode pemulihan hingga umur 42 hari. Pakan starter dan finisher yang diberikan mengandung protein 22% dan 20%. Perlakuan pakan disediakan 4 jam pada pagi hari dari pukul 08.00-12.00 dan sore hari pada pukul 16.00-20.00 dapat menghasilkan bobot badan yang sama dengan ad libitum dan konversi ransum sama dengan ad libitum.

Pencahayaan diatur pada 1 L:3 D dari umur 8-49 hari. Hasilnya dapat memperbaiki konversi pakan dan terjadi pertumbuhan kompensasi pada broiler jantan pada umur 41 minggu. Ayam akan aktif makan pada saat terang dan istirahat pada saat gelap. Pada saat gelap, ayam mengurangi kebutuhan untuk hidup pokok dan saluran pencernaan bagian atas akan kososng sehingga ayam siap makan kembali.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan

Berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembatasan pakan.

  1. Tingkat konsumsi nutrien yang diperoleh ayam selama pembatasan pakan. Hal ini tergantung dari metode pembatasan pakan dan lama pembatasan. Jika pembatasan pakan menyebabkan defisiensi nutrien yang berat maka akan terjadi penurunana bobot badan yang tinggi sehingga diperlukan periode pemulihan yang lama dan kemungkinan dihasilkan bobot badan akhir yang tidak diharapkan. Sebaiknya pembatasan pakan hanya menyediakan nutrien untuk kebutuhan hidup pokok dan periode yang singkat.
  2. Waktu pembatasan pakan. Pembatasan pakan tidak boleh dilakukan pada minggu pertama pertumbuhan karena pada minggu tersebut diharapkan terjadi pertumbuhan maksimal dari kerangka tubuh ayam yang akan berguna untuk pertumbuhan selanjutnya. Selain itu, pembatasan pakan jangan dilakukan pada akhir minggu sebelum panen karena setelah pembatasan pakan diperlukan waktu pemulihan dari penurunan bobot badan akibat pembatasan pakan dengan terjadinya pertumbuhan kompensasi selama periode pemulihan.
  3. Waktu pemulihan. Waktu pemulihan yang cukup diperlukan ayam untuk mengejar pertumbuhan kompensasi akibat pembatasan pakan. Ayam yang dipanen umur 42 minggu dapat dilakukan metode pembatasan pakan. Jika ayam dipanen pada umur empat minggu, belum cukup untuk mengejar pertumbuhan akibat pembatasan pakan. Kondisi pemulihan sangat menentukan pertumbuhan kompensasi yang dicapai.
Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Perlunya Melakukan Membatasi Pakan Ayam | Penulis | 4.5