Perawatan Harian Untuk Burung Merpati Pos

Kali ini kita akan membahas Cara perawatan harian untuk burung merpati pos.hampir sama dengan jenis burung merpati lainya.cara perawatan dan pemberian pakan jenis merpati pos juga sama.berikut kisah burung merpati pos.Dalam Perang Dunia I dan II serta perang Korea ternyata burung ini masih dimanfaatkan orang untuk mengirim surat. Salah satu contoh adalah cerita tentang merpati yang mendapat julukan Mocker, yang pada Perang Dunia I membawa berita penting tentang kedudukan satuan meriam musuh yang menembak pasukan Amerika Serikat.

Walaupun matanya terluka, burung ini masih mampu menyampaikan berita hingga dalam waktu 20 menit setelah burung tiba maka satuan meriam dari musuh itu dihancurkan. Mocker mati pada umur 20 tahun dan dikuburkan dengan upacara kebesaran militer.

Artikel terkait.

Melihat keterangan yang diutarakan sebelumnya, sulit untuk menggambarkan bagaimana merpati pos yang baik itu. Ini karena banyaknya jenis burung yang ada, dan jenis yang baik belum tentu merupakan burung yang mempunyai bentuk dan rupa yang baik.

Tetapi dapatlah dikatakan bahwa burung yang baik untuk dipertandingkan adalah jenis burung yang langsing dan streamline, memiliki otot sayap yang kuat, dan dada yang bidang. Bagian sayap untuk terbang haruslah bagus bentuknya, luas, dan lentur.

Ekornya harus panjang, kepala besar, mata jernih dan bersih. Yang dimaksud dengan merpati pos sebagaimana yang telah dikenal orang secara luas adalah burung yang umumnya berwarna biru abu-abu dengan garis-garis di sayapnya, dari bagian tembolok ke atas berwarna kebiruan mengkilat, sama dengan garis-garis di sayapnya.cara merawat burung merpati pos

Walaupun burung tidak selalu memiliki warna yang sama, tetapi penggemar merpati mudah mengetahui jenis pot ini, terutama dengan bentuk hidungnya yang lebih besar menonjol daripada merpati biasa – orang menganggap inilah yang memberi kemampuan pada burung pos.

kalau untuk memelihara merpati konsumsi dan merpaiti hias orang membuat kandang dengan persyaratan seperti yang sudah disebutkan (mendapat udara segar dan mempunyai kesempatan berkembang biak dengan baik), maka untuk merpati pos kedudukan kandang tidak sekedar untuk keperluan itu, tetapi kandang juga mempunyai pengaruh besar dalam memberikan saham keberhasilan burung mempersembahkan prestasinya. Anak-anak burung perlu dilatih dengan tidak boleh lepas dari faktor kandang ini.

Bahkan dengan perantara kandang inilah burung akan merasa rindu untuk pulang setelah dilepas di suatu tempat yang cukup jauh. Dan melalui kandang ini pulalah burung yang dipertandingkan dapat ditangkap dengan mudah agar dapat diperhitungkan kecepatan tibanya setelah dilepas.

Artikel terkait.

Dengan pengertian itulah maka kedudukan kandang bagi merpati pos mempunyai arti khusus. Merpati pos kadang harus terbang sangat jauh, sehingga kemampuan untuk itu hanya dapat dilatih melalui sistem kandang yang baik dan makanan yang bergizi, di samping faktor-faktor lain.

Konstruksi Kandang

Dengan pengertian bahwa kandang itu penting bagi merpati pos, maka pemeliharaannya pun terpaksa menyediakan kandang yang memenuhi persyaratan tertentu. Walaupun untuk itu orang terpaksa harus merogoh kantong untuk biaya pembuatannya.

Pemeliharaan merpati pos umumnya ditunjukkan untuk memanfaatkan kemampuan burung ini, baik mengenai kemampuannya pulang ke kadang dari tempat yang sangat jauh maupun kecepatannya untuk pulang. Berbeda dengan merpati biasa yang umumnya orang langsung dapat melatihnya, maka untuk burung pos aduan ini orang mengarah untuk memanfaatkan anak-anak burung yang sudah dilatih dan ditetaskan di dalam kandang yang tersedia – sudah tentu orang dapat saja membeli anak burung dan membesarkannya.

Dengan adanya persyaratan itu, sudah tentu kita memerlukan bibit dan cara penangkaran sebaik mungkin. Tata cara seperti itu hasilnya tidak akan memuaskan. Begitulah berbagai pengalaman dari mereka yang menangani burunng pos ini.

Pada prinsipnya kandang mempunyai dua ruangan, yaitu ruangan tertutup dan ruangan terbuka. Dua bagian itu sebenarnya diperlukan hanya untuk satu kelompok burung yang kita pelihara, sedang untuk memelihara sekawanan merpati pos secara menyeluruh diperlukan adanya 3 ruangan terpisah. Guna ketiga ruang terpisah itu adalah :

  1. Ruangan bagi burung yang sedang dikembangbiakkan. Di ruang ini burung-burung akanĀ  bertelur dan membesarkan anak. Pada ruangan ini perlu adanya ruangan tertutup dan ruang terbuka.
  2. Ruang bagi burung-burung dewasa. Pada ruang ini burung-burung dewasa ditempatkan, dan ruang ini terdiri dari dua bagian, yaitu yang tertutup dan terbuka.
  3. Ruang bagi burnng-burung muda. Ruang ini pun mempunyai bagian yang tertutup dan terbuka.

Menghadapi masalah tempat, dapat saja tiap-tiap ruangan dijadikan kandang yang berdiri sendiri-sendiri. Tapi tentu ini akan menambah masalah biaya pembuatan dan pemeliharaan. Yang perlu diperhatikan pula adalah penempatan kandang.

Di samping kandang perlu mendapat sinar matahari dan udara segar, bagi burung-burung yang dipertandingkan kandang juga perlu berada di tempat yang tidak banyak gangguan, yaitu pelataran untuk mendarat bagi burung hendaknya berada di suatu tempat dengan langit-langit terbuka, jangan sampai terhalang pepohonan, kawat listrik atau telepon, atau tiang-tiang pemancar.

Tulisan terkait :
loading...
Perawatan Harian Untuk Burung Merpati Pos | Penulis | 4.5