Perawatan Batu Permata Akuamarine

Perawatan Batu Permata Akuamarine – Dewasa ini Indonesia tengah di landa demam batu akik. Dari yang tua hingga remaja masa kini rasanya sudah tak ragu lagi untuk memakai batu akik di jemarinya. Bahkan harga jual batu akik sendiri kini mulai melambung seiring dengan maraknya peredaran batu akik, tak terkecuali jenis batu Aquamarine.

Khusus untuk batu permata aquamarine atau yang lebih dikenal pula dengan sebutan batu biru laut, merupakan jenis batu mulia yang dikategorikan dalam mineral beryl sama seperti batu Zamrud.

Artikel terkait.

Pada umumnya, batu biru laut atau aquamarine memiliki warna kehijauan, hijau bening dan terkadang biru laut. Perawatan Batu permata akuamarin yang paling digemari adalah yang berwarna biru pekat.perawatan batu permata akuamarine

Batu yang dikenal memiliki warna yang cukup bagus tersebut ternyata memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Untuk nilai kekerasan pada batu akuamarin sendiri mencapai 7.5 hingga 8 berdasarkan skala keras Mohs.

Nilai kekerasan yang terdapat pada batu ini ternyata sama dengan yang dimiliki oleh batu mulia lainnya, yaitu batu Zamrud.

Lalu bagaiman dengan sifat-sifat pada batu ini? Batu yang dikenal memiliki pacaran warna yang indah ini ternyata dapat menimbulkan efek sinar, Sama halnya yang terdapat pada batu safir atau batu ruby.

Dan yang menjadi ciri khusus dari batu ini adalah, apabila batu akuamarin tersebut dipanaskan dalam suhu 800 hingga 900 derajat celcius, maka secara perlahan warna pada batu akang menghilang. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah besi yang terkandung pada batumulia ini.

Perawatan Batu permata akuamarin ini sendiri ternyata banyak digemari oleh orang-orang Eropa, bahkan di Indonesia sendiri batu ini menjadi salah satu primadona.

Artikel terkait.

Untuk mengetahui batu akuamarin yang asli atau palsu, bisa dibuktikan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah apabila batu ini disentuh maka akan terasa dingin, hal ini menunjukkan bahwa batu tersebut asli.jual bongkahan batu akuamarine

Namun apabila tidak terasa dingin, bisa dipastikan batu tersebut palsu. Satu lagi yang bisa membuktikan batu permata akuamarin tersebut asli adalah ketika batu tersebut dicelupkan ke dalam cairan bromoform maka akan mengembang. Dan sebaliknya, apabila batu tersebut tenggelam, bisa dipastikan batu tersebut adalah palsu.

Maka dari itu, apabila anda memiliki atau ingin memiliki batu permata ini, ada baiknya di tes terlebih dahulu keasliannya. Jangan terlena dengan harga yang dibanderol cukup murah, mengingat batu tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga: Cara tes batu merah delima asli dan palsu

Demikianlah ulasan mengenai batu permata akuamarin kali ini semoga dapat menambah wawasan anda tentang batu permata atau batu mulia.

Tulisan terkait :
loading...
Perawatan Batu Permata Akuamarine | Penulis | 4.5