Peralatan Untuk Panen Sarang Burung Walet

Peralatan untuk panan sarang burung walet.Hasil yang maksimal dipengaruhi oleh teknik panen yang tepat, selain teknik yang tepat dengan penanganan yang tepat pula, diperlukan alat-alat panen yang tepat dalam proses panen atau memetik sarang walet.

Alat-alat panen sarang walet, antara lain:

Artikel terkait.
  • tangga (bisa bambu atau alumunium) : Karena posisi melekamya sarang burung walet cukup tinggi, pemetik sarang bisa mencapainya dengan menggunakan tangga.
  • hand sprayer, : Hand sprayer berfungsi sebagai alat penyemprot air agar sarang burung walet menjadi mudah dipanen atau dipetik. Caranya, bagian sarang yang melekat di kayu (tempat melekamya sarang) disemprot dengan band sprayer yang sudah berisi air kemudian didiamkan beberapa menit dan dipetik.
  • kapi atau pisau tipis, : Kapi atau pisau tipis berfungsi untuk melepaskan atau memetik sarang burung walet yang sebelumnya sudah disemprot air. Melepaskan sarang burung ini harus dilakukan dengan hati-hati agar bentuk sarang tetap utuh dan tidak rusak atau hancur. Sarang burung yang rusak karena kesalahan pemetikan akan mempengaruhi jualnya.
  • kaca spion,
  • wadah.

Menjaga populasi burung walet dalam gedung/rumah walet menjadi perhatian utama setelah proses panen dilakukan, apabila hal ini kurang diperhatikan, populasi burung walet bisa turun drastis, atau bahkan mungkin terjadi perpindahan besar-besaran dari gedung/rumah walet kita ke tempat yang lain.

Hal ini terjadi karena burung walet merasa kehilangan sarang walet atau telurnya, ketika proses panen. Untuk itu, penempatan sarang imitasi pada posisi sarang walet pasca panen menjadi hal yang penting.Peralatan Untuk Panen Sarang Burung Walet

Sarang walet yang terbuat dari bahan baku daun cemara asli, akan membuat induk walet merasa tidak begitu curiga dengan perubahan dari sarang asli imitasi pasca panen pada beberapa teknik panen sarang walet:

1. Panen Buang Telor

Pada saat panen buang telur, pemilik rumah walet biasanya melakukan panen secara keseluruhan. Seandainya pemilik akan memanen sarang walet yang baru memiliki telur 1 butir, maka pemilik dapat memanen sarang tersebut dengan cara memasang sarang imitasi berbahan baku daun cemara asli ini dibekas sarang walet yang dipetik dan mengembalikan telur tersebut di atasnya, agar induk walet yang bertelur akan melanjutkannya bertelur akan melanjutkannya bertelur 1 butir lagi, mengeraminya, menyuapi anak-anaknya sampai bisa terbang.

Di kanan dan di kiri sarang tersebut sebaiknya dipasang 2 buah sarang imitasi berbahan baku daun cemara asli ini agar anak-anak walet tersebut dapat dengan mudah membuat sarang di atas sarang imitasi tersebut dan tidak kabur kerumah walet tetangga.

Artikel terkait.

2. Panen Tetasan

Pada saat penetasan maka perlu di pasang sarang imitasi berbahan baku daun cemara asli ini di sebelah kanan dan kiri sarang tersebut (4 buah) agar anak-anak walet dapat dengan mudah membuat sarangnya di atas sarang imitasi tersebut.

3. Panen Rampasan

Yang paling beresiko adalah panen rampasan, burung akan banyak pindah kerumah burung tetangga bila di dalam rumah tersebut tidak disediakan sarang imitasi berbahan baku cemara asli ini, karena burung-burung tersebut sebenarnya akan segera bertelur lagi sarangnya telah diambil.

4. Pengembangan Ruang

Bila menambah ruangan di rumah burung walet maka perlu dipasang sarang imitasi berbahan daun cemara asli ini agar ruangan segera dihuni oleh pasangan-pasangan walet baru hasil dari penetasan atau walet-walet liar.

5. Renovasi Suri-Suri

Bila akanĀ  mengganti papan suri-suri yang telah rusak dengan papan suri-suri yang baru maka suri-suri yang baru mutlak harus dipasangi sarang imitasi berbahan baku cemara asli ini. Dijamin bahwa walet-walet tersebut akan kerasan/betah menempati suru-suri yang baru.

Tulisan terkait :
loading...
Peralatan Untuk Panen Sarang Burung Walet | Penulis | 4.5