Peralatan Pada Kolam Ikan Koi

Peralatan Pada Kolam Ikan Koi.Kehangatan air dan ketersediaan cahaya untuk fotosintesis dipengaruhi oleh sinar matahari yagn masuk ke dalam kolam ikan koi. Menaungi kolam akan mengurangi cahaya matahari di kolam. Jika cahaya yang masuk berkurang maka pertumbuhan ganggang akan terhambat Menaungi kolam dapat dilakukan dengan memasang atap atau dengan menanam pohon di sekitar kolam. Menanam pohon di sekitar kolam bisa membuat kolam kotor oleh daun-daunan yang terjatuh.

Menghilangkan kotoran baik yang bersifat fisik maupun kimia. Pembuangan ini dilakukan dengan memasang sistem filter kolam koi yang baik dan tepat. Sistem Filter fisik menghilangkan sebagian besar bahan organik yang membusuk di kolam.

Artikel terkait.

Filter kolam koi harus memiliki kapasitas tidak kurang dari 10% dari volume kolam koi, idealnya adalah 30% volume kolam. Air yang sudah masuk ke dalam filter dikembalikan lagi ke dalam kolalm dalam bentuk yang sudah bersih menggunakan pompa.

Pompa ini harus mampu mengalirkan seluruh volume air kolam dalam satu jam/satu siklus putaran dalam satu jam. Misalnya volume kolam adalah 6000 liter, maka kemampuan pompa haruslah 6000 liter/jam dan volume filter 1800 liter.

Filter kolam koi biasanya memilki beberapa chamber, filter mekanis, filter biologis dan kimia. Material yang tidak mampu di sharing dengan filter mekanis difilter dengan filter biologi dan kimia. Pada ruang filter biologis bakteri tentu mengubah amonia menjadi nitrit ini, yang selanjutnya dikonversi oleh bakteri lain ke nitrat. Nitrat kurang berbahaya daripada kedua, tetapi mereka kuat pupuk untuk semua tanaman di dalam kolam, termasuk ganggang.

Menambahkan tanamanĀ 

Tanaman akan mengkonsumsi amonia untuk kelangsungan hidupnya. Dengan memberikan tanaman air pada ruang filter akan memngurangi makanan untuk algae sehingga tidak dapat tumbuh dengan baik.

Water Cleaner menggunakan metode kimia untuk mengendalikan algae, Water Cleaner akan membunuh algae atau menghambat semua jenis ganggang yang ada dalam air. Karena water cleaner merupakan zat racun, maka perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Dalam dosis yang berlebihan akan dapat meracuni ikan koi.Peralatan Pada kolam Ikan Koi

Artikel terkait.

Karbon aktif dapat menyerap zat-zat kimia berbahaya dalam koi demikian pula dengan Batu zeolite.

Sistem lampu ultraviolet yang dirancang untuk membunuh alga dan membuat mereka menggumpal, selanjutnya algae yang sudah mati dapat disaring dengan filter mekanis. Lampu UV secara efektif dapat menghilangkan air hijau di kolam koi dalam waktu singkat.

Mengganti airĀ 

Mengganti air secara periodik 10-30% dari volume air kolam akan membantu mengurangi kandungan amonia dalam air, jika diperlukan dapat dilakukan setiap hari. Jika tidak, Anda bisa dilakukan penggantian air kolam sebagian setiap minggu.

Jangan mengganti air kolam keseluruhan, karena kondisi air yang sudah mature akan kembali dari nol. Ikan perlu beradaptasi lagi dan sistem filter biologis tidak bekerja secara sempurna.

Cara-cara tersebut merupakan beberapa alternatif yang bisa dipilih agar dapat mengurangi dan menghilangkan air hijau di kolam. Pada dasarnya air hijau di dalam kolam koi dapat diatasi dengan sistem filter kolam yang baik dan mumpuni.

Karena itu jika kolam koi berwarna hijau periksa sistem filternya, dari mulai rancangnyannya, volumenya, kapasitas pompa dan lain-lain.

Tulisan terkait :
loading...
Peralatan Pada Kolam Ikan Koi | Penulis | 4.5