Penyebab Telur Ikan Mati Di Tempat Penetasan

Penyebab telur ikan mati di tempat penetasan atau tempat akuarium penetas telur induk ikan bisa saja di sebakan oleh cara pengelolahan yang kurang benar.kualitas induk yang kurang baik,serta faktor lingkungan kolam atau akuarium yang kurang mendukung.

Cara mengatasi hal tersebut dan sumber daya manusia yang menagani telur,mulai pengambilan telur di sarang,pencucian sampai penebaran ke dalam bak penetasan harus seduh terlatih .pengerjaan proses tersebut juga harus di lakukan secara hati-hati.kecerobohan dalam menagani telur saat pengangkutan dan pencucian akan mengakibatkan telur menjadi rusak.images

Artikel terkait.

Kualitas induk yang di pijahkan harus di perhatikan,apabila induk yang di gunakan kualitasnya kurang baik,telur yang di hasilkan akan berumur muda,telur kriteria seperti ini akan sulit untuk menetas.

Pengangkutan telur dari sarang harus di lakukan sesegera mungkin dan jangan terlalu lama terkena sinar matahari.sebelum induk ikan di masukan kedalam penetasan,telur harus kita rendam terlebih dahulu di dalam bak penetasan selama kurang lebih 10 menit untuk menyesuaikan suhu.selaput lemak yang menyelubungi di bersihkan agar semua telur mendapat suplai oksigen yang sama.yaitu dengan menganti sebagian air di akuarium.

Air yang kita gunakan di dalam akuarium penetasan sebiknya harus di tambah Metylene blue untuk membeasmi bakteri yang menyerang pada telur.suplai oksigen dalam akuarium penetasan juga harus selalu cukup untuk kebetuhan telur.yaitu dengan cara tingkat eareasi serta kepadatan telur ikan di akuarium.

Gelembung oksigen yang di keluarkan Aerator sebaiknya di haluskan dengan batu aerasi.pada induk yang akan kita pijahkan,sebaiknya lebih banyak di beri pakan yang mengandung protein tinggi akan tetapi kandungan lemaknya sangat lemah.

Telur yang Di tumbuhi Jamur.

Telur ikan yang terserang jamur di tunjukan dengan selaput putih seperti kapas berwarna putih atau benang-banang halus sangat tipis yang menetupi telur.jamur semacam ini akan di jumpai pada telur yang telah mati kerena jamur ini akan berkembang biak pada jaringan yang telah mati dan akan mengalami proses pembusukan.

Artikel terkait.

Untuk mengatasi hal ini terjadi,air yang ada di akuarium penetasan segera di beri larutan antibiotik secukupnya.selain itu,bisa juga di berikan metalyne blue.telur yang telah terserang jamur dan mati segera di keluarkan dengan metode sipon dan di pisahkan dari telur-telur yang masih hidup.

Tulisan terkait :
loading...
Penyebab Telur Ikan Mati Di Tempat Penetasan | admin | 4.5