Penyebab Penyakit Menyerang Itik Pedaging Dan Petelur

Penyakit Itik Pedaging Dan Petelur-Penyakit pada itik, biasanya disebabkan oleh:

  1. VIrus;
  2. Bakteri;
  3. Kekurangan unsur gizi; dan
  4. Penyakit karena parasit, cacing, protozoa dan kutu.

Peternak sebaiknya berupaya melakukan pencegahan dini terhadap serangan  penyait sehingga tidak menimbulkan kematian pada itik dan kerugian biaya produksi dapat dihindari.

Artikel terkait.

Pilihlah bibit yang sesuai untuk tujuan pemeliharaan. Apabila hendak memelihara itik pedaging, berarti sasarannya adalah menggemukkan itik. Oleh karena itu Anda harus memilih bibit yang terkenal daya tahan dan produksi dagingnya.

Hal ini nampaknya rutin dan remeh, tetapi paling berpengaruh terhadap datang atau tidaknya penyakit. Tata laksana, meliputi pembersihan kandang dan peralatannya secara rutin, penyemprotan disinfektan pada kandang, pembuatan kandang yang sesuai dengan kondisi itik, dan lain sebagainya.

Makanan dan pemberian makanan. Makanan atau pakan sangat mempengaruhi daya tahan itik terhadap penyakit dan juga produksinya, baik telur maupun daging.Penyebab Penyakit Menyerang Itik Pedaging Dan Petelur

Secara garis besar penyakit itik dikelompokkan dalam dua hal yaitu:

  • penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri dan protozoa.
  • penyakit yang disebabkan oleh defisiensi zat makanan dan tata laksana perkandangan yang kurang tepat.

Adapun jenis penyakit yang biasa terjangkit pada  itik sebagai berikut.

  • Penyakit Duck Cholera

Penyebab: bakteri Pasteurela avicida.

Artikel terkait.

Gejala: mencret, lumpuh, tinja kuning kehijauan.

Pengendalian: sanitasi kandang, pengobatan dengan suntikan penisilin pada urat daging dada dengan dosis sesuai label obat.

  • Penyakit Salmonellosis

Penyebab: bakteri typhimurium.

Gejala: pernafasan sesak, mencret.

Pengendalian: sanitasi yang baik, pengobatan dengan furazolidone melalui pakan dengan konsentrasi 0,04% atau dengan sulfadimidin yang dicampur air minum, dosisi disesuaikakn dengan label obat.

  • Salmonellosis (Pulloryn + Berak kapur)

Penyebabnya bakteri salmonella pulloru. Bakteri ini apabila menyerang itik umur 3 – 15 hari dapat mengakibatkan kematian tinggi.

Tanda penyakit ini di antaranya adanya kotoran warna putih lengket seperti pasta dan menempel pada dubur, tubuh lemah, lesu dan mengantuk kedinginan, cepat terengah-engah, bulu kusam, sayap menggantung kada terjadi kelumpuhan.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang serta makanan dan minum, isolasi itik yang sakit. Pengobatan dengan obat jenis sulfa dan antibiotik.

  • Penyakit Botulismus

Penyebabnya adalah racun yang dihasilkan oleh kuman Costridium botulinum, yang sering ditemukan pada bangkai hewan dan tanaman busuk. Itik yang digembalakan sering memakan kuman ini.

Tanda penyakit ini yaitu itik lesu, lemah, lumpuh, pada leher kaki dan sayap, nampak mengantuk, kadang-kadang tidak dapat berdiri tegak dan kalau berjalan sempoyongan, bulu mudah rontok.

  • Penyakit Cacing

Penyebabnya terbagi jenis cacing menyerang pada itik yang dilepas.

Tanda penyakit cacing yaitu nafsu makan berkurang mencret, bulu kusam, kurus dan produksi turun.

Pencegahan: harus menjaga kebersihan kandang juga kelembapannya, melakukan sanitasi kandang dan makan, minum.

Pengobatan dengan memberikan obat cacing minimal 3 bulan sekali.

Tulisan terkait :
loading...
Penyebab Penyakit Menyerang Itik Pedaging Dan Petelur | Penulis | 4.5