Penyebab benih Ikan lambat Pertumbuhanya (Kuntet)

Penyebab benih ikan lambat pertumbuhanya (kuntet) di sebabkan oleh faktor yang di turunkan oleh induk.faktor fisik dan kimia dari air yang kurang mendukung.serta kualitas dan kuantitas yang di berikan kurang baik.berikit ini langkah yang bisa kita ambil untuk  segera mengatasinya.

1.Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan kita memilih induk ikan yang memiliki kualitas baik serta memiliki pertumbuhan cepat melalui seleksi yang ketat.hal ini bisa kita lihat dari silsilah induk ketika kita membelinya.indukdapat juga kita persiapkan sendiri sehingga pertumbuhanya lebih terkontrol.

Artikel terkait.

2.Suhu PH,serta faktor kebersihan air harus selalu di perhatikan dengan cara mengontrolnya setiap hari.suhu air yang terlalu rendah akan mengakibatkan benih menjadi malas makan sehingga kebutuhan gizi dari pakan tidak terpenuhi.sedangkan Ph yang terlalu asam akan mengakibatkan pertumbuhan benih yang lambat.images (1)

3.Pakan yang kita berikan sebaiknya mengandung protein yang tinggi.benih biasanya akan lebih tertarik untuk pakan yang bergerak.misalnya pakan alami.untuk mengurangi faktor kompetisi terhadap pakan yang kita berikan.sebaiknya kepadatan benih dalam akuarium pendederan harus kita sesuaikan dengan ukuran akuarium.

Ketidak seragaman ukuran benih dapat di sebabkan oleh kwalitas induk yang kurang baik.kualitas dan kuantitas pakan yang kurang memadai,serta kepadatan benih dalam akuarium yang terlalu tinggi.

Untuk mengatasi hal  tersebut,induk ikan yang akan kita gunakan harus memenuhi kriteria,pakan yang kita berikan juga di sesuaikan dengan kondisi benih.jika benih ikan masih kecil,sebaiknya menggunakan pakan alami karena benih akan lebih tertarik untuk memangsangnya.

Kepadatan benih dalam akuarium terlalu tinggi,kompetisi benih untuk mendapatkan pakan semakin besar.benih ikan licah dan gesit serta memiliki ukuran besar akan lebih sering mendapatkan makanan.dengan keadaan seperti ini,kepadatan harus segera di kurangi dan kita melakukan peryortiran berdasarkan ukuran.

Benih Ikan Tidak Mau Makan.

Artikel terkait.

Benih ikan yang malas untuk makan akan terlihat kurus.akibatnya banyak sisa pakan ayang akan mengendap di dasar akuarium.benih yang malas makan bisa di sebabkan oleh keadaan lingkungan dalam akuarium itu sendiri.seperti suhu rendah,suplai oksigen kurang,Ph asam,jenis pakan yang di berikan atau bisa juga benih ikan terserang penyakit perut dan blootig atau tidak dapat buang kototran.

Untuk mengatasi suhu air yang terlalu rendah,dapat kita gunakan water heater sehingga suhu air akan naik secara perlahan.sebaiknya pakan yang di gunakan adalah jenis pakan yang di gunakan adalah jenis pakan yang paling di sukai benih ikan tersebut,yaitu pakan yang berupa alami.

Apabila suplai oksigen kurang,kita dapat menggunakan hi-blow.ikan yang tampak sakit dapat kita lihat melalui gerakanya yang lamban,harus segera di obati.apabila terdapat luka,harus segera di berikan antibiotik.air akuarium yang banyak mengandung bakteri dan jamur harus segera di tambahkan air yang telah di campur larutan metylene blue.apabila ikan mengalami blooting air akuarium segera di beri garam kusus ikan.

Semoga Membantu…

Tulisan terkait :
loading...
Penyebab benih Ikan lambat Pertumbuhanya (Kuntet) | admin | 4.5