Penyakit Kutu Jangkar Pada Ikan Koi

Penyakit Kutu jangkar Pada ikan Koi.Penyakit Kutu Jangkar/kutu jarum atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan anchor worm kerap membuat pusing pecinta ikan hias termasuk ikan koi. Kutu jangkar secara termasuk dalam kategori Crustasea, yang hidup di bawah sisik ikan koi, sehingga akan merugikan keesehatan koi.

Selain itu, keeberadaan kutu jangkar pada koi akan menimbulkan infeksi sekunder jika daya tahan koi dan kualitas air buruk. Infeksi sekunder ini terkadang bisa jauh lebih berbahaya.

Artikel terkait.

Kutu jamur/jangkar (Anchor Worm) dapat diatasi dengan beberapa cara. Cara paling sederhana adalah dengan mencabut satu persatu kutu dari ikan koi.

Namun cara ini tentu sangat melelahkan jika jumlah kutu jangkar sudah sedemikian banyak. Selain itu pada saat kutu jangkar dicabut akan membuat ikan kesakitan dan meninggalkan bekas luka pada ikan koi, sehingga berpotensi merusak.

Cara lain adalah dengan menggunakan Dimilin. Dimilin bekerja dengan menggunakan praktek perkawinan cacing jangkar sehingga siklus hisup mereka akan terganggu. Ini juga berarti bahwa yang saat kutu jangkar menancap pada ikan koi, tetap tidak cedera, tetapi mereka akan tidak lagi mampu menghasilkan keturunan.penyakit kutu jangkar ikan koi

Pemberian larutan Kalium Permanganat (PK) pada kolam koi, juga mampu menghilangkan kutu jarum pada ikan koi. Namun penggunaan larutan ini sekarang tidak direkomendasikan.

Abate yang biasa dipakai untuk membunuh jentik nyamuk juga bisa dipergunakan untuk membasmi kutu jarum. Dengan dosis disesuaikan dengan volume air dan beberapa kali, kutu jarum akan lenyap dari kolam koi.

Teknik Menyuntik Ikan Koi

Artikel terkait.

Meski bukan dokter hewan terkadang menyuntik koi dapat dilakukan sendiri. Namun perlu berhati-hati dalam melakukannya, karena kesalahan bisa berakibat fatal pada koi kesayangan kita. Menyuntik koi sendiri tidak direkomendasikan untuk koi-koi yang berkualitas baik.

Ada beberapa alasan mengapa kita menyuntik ikan koi, antara lain untuk pengobatan penyakit, pemberian rangsangan pada kain suntik dan lain-lain.

Jika ingin bereksperimen ala dokter ikan sungguhan, ada tiga lokasi yang bisa dipilih dalam menyuntik ikan koi, tiga lokasi tersebut adalah Intraperoteneal (IP), Intramuscular (IM), dan Intravenous (IV).

  • Intraperoteneal (IP), adalah lokasi yang paling umum dan metode yang paling efektif dalam menyuntik ikan koi. Lokasi yang dipilih untuk merode IP adalah rongga perut antara sirip ekor dan lubang dubur dengan sudut 45 derajat.
  • Penyuntikan Intramuscular (IM) dilakukan dengan sudur dan arah jarum yang sama dengan IP, tetapi dilakukan dalam jaringan oto di sepanjang dan di sisi sirip punggung. Selain otot punggung penyuntikan bisa dilakukan pada jaringan otot di sirip dayung (pectoral muscle).
  • Penyuntikan dengan metode Intravenous Koi Injections diberikan pada rongga mulut.
Tulisan terkait :
loading...
Penyakit Kutu Jangkar Pada Ikan Koi | Penulis | 4.5