Penyakit Ayam Petelur karena Jamur dan Toksin

Penyakit ayam petelur karena jamur dan toksi.Penyakit ini karena ada jamur atau sejenisnya yang merusak makanan. Hasil perusakan ini mengeluarkan zat racun yang kemudian di makan ayam. Ada pula pengolahan bahan yang menyebabkan asa amino berubah menjadi zat ceracun. Beberapa penyakit ini adalah:

1. Muntah darah hitam (Gizzerosin)Penyakit ayam petelur karena jamur dan toksi

Artikel terkait.

Ciri kerusakan total pada gizzard ayam.                                                                                                                                                                                                                         Penyebab: adalah racun dalam tepung ikan tetapi tidak semua tepung ikan menimbulkan penyakit ini. Timbul penyakit ini akibat pemanasan bahan makanan yang menguraikan asam amino hingga menjadi racun.                                                                                                                                                                                               Pengendalian: belum ada.

2. Racun dari bungkil kacang

Minyak yang tinggi dalam bungkil kelapa dan bungkil kacang merangsang pertumbuhan jamur dari grup Aspergillus. Untuk menghindari keracunan bungkil kacang maka dalam racun tidak digunakan antioksidan atau bungkil kacang atau bungkil kelapa yang mengandung kadar lemak tinggi.

Tulisan terkait :
loading...
Artikel terkait.
Penyakit Ayam Petelur karena Jamur dan Toksin | Penulis | 4.5