Penyabab Masuk Angin-Ngangguan Pecernaan-Radang Mata Pada Burung Berkicau

Gejala burung yang terserang masuk angin adalah tampak lemah dan kurang bersemangat,lesu bulu kusut dan mengembang,nafsu makan berkurang atau bahkan tidak mau makan sama sekali dan biasa di ikuti dengan mencret-mencret.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada burung kesayangan anda,usahakan suhu udara pada sore hari tidak terlalu dingin.serta tidak terkena angin dingin secara langsung.jangan terlalu banyak memberi pepaya terutama pada musim hujan dan musim dingin.

Perbaiki dan tingkatkan kondisi tubuh dengan perbaikan mutu makan serta berikan vitamin pada air minumnya.cukup mendapatkan sinar matahari pagi,serta air bersih untuk mandi dan di ganti secara rutin dalam 2-3 hari.images (9)

Untuk mengobati burung terserang masuk angin,masukan burung yang sakit tersebut kedalam sangkar karantina.beri lampu pemanas dalam sangkar.berikan makanan yang mudah di cerna,seperti kroto segar dan sebagainya.bila perlu berikan obat anti biotik atau pil jamu lain yang mampu menghangatkan tubuhnya.campurkan vitamin kedalam air minumnya agar kondisinya puluh kembali.

Untuk burung berkicau yang terkena ngangguan pecernaanya ini gejalanya seperti pada gejala berak darah.di tambah dengan gerakan berjingkat-jingkat sewaktu membuang kotoran.ada tiga kemungkinan pada ngangguan pecernaan ini,mungkin berak darah,berak kapur atau susah buang kotoran.

Bila hal ini terjadi pada burung kesayangan anda,anda bisa menghindarkan pakan yang bisa menganggu serta merusak pencernaanya.sebab burung ini memang memiliki sistem pencernaan yang kurang baik.

Jagalah kebersihan kandang,berikan cukup air minum dan sekali waktu berikan pepaya untuk melancarkan pencernaanya.

Biloa burung terkena penyakit berak darah atau berak kapur,lakukan seperti yang telah kami uraikan di atas,apabila burung mengalami susah untuk berak,biasanya ada kotoran yang tertahan sampai beberapa hari,dan burung akan menderita karena sakit.

Artikel terkait.

Masukan air sabun kedalam duburnya melalui spuit(alat suntik) yang sudah di ambil jarumnya.air sabun akan memudahkan dan melancarkan saat burung akan buang kotoran atau berak yang susah.berikan makanan pepaya agar membantu pencernaan.

Jika burung berkicau terserang penyakit mata membengkak dan mengandung air,mungkin dapat menyebabkan matanya melekat sehingga sukar di buka.sehingga kurang bergairah dan tampak bingung jika di dekati.bila ini terjadi,usahakan agar tidak banyak angin yang masuk ke dalam kandang.

Asap yang masuk kedalam kandang juga dapat penyebab atau masukanya benda asing kedalam mata burung.seperti pasir,serbuk atau debu.

Untuk pengobatan Mata bengkak pada burung kicauan ini,sebaiknya periksalah keadaan mata terlebih dahulu,jika mata bengkak atau infeksi,berikan saja saleb mata.akan tetapi bila tidak,cukup cuci dengan obat pencuci mata atau obat tetes mata.

Usahakan agar burung tidak banyak mendapatkan sinar matahari yang menyilaiukan atau adanya pentulan benda seperti kaca,seng yang baru,warna putih tembok atau warna lain yang merangsang mata.

Tulisan terkait :
loading...
Penyabab Masuk Angin-Ngangguan Pecernaan-Radang Mata Pada Burung Berkicau | admin | 4.5