Pengobatan Dan Mencegah Mencret Pada Burung Merpati

Penyakit mencret pada merpati umumnya disebabkan makanan burung kurang baik (sudah rusak). pengobatan serta cara mencegah penyakit mencret-pilek dan bengkak pada leher burung merpati harus tanggap segera kita lakukan.supaya penyebaran penyakit tidak menular kepada burung merpati lainya.Penyakit ini menghilang setelah penyebabnya dibereskan.

Cara penyembuhan yang terbaik adalah dengan memberikan jagung dan butiran biji-bijian yang kecil (seperti wawut, millet, dan sebagainya) sampai burung sembuh. Dapat juga burung diberi minyak kastroli atau garam epson sebagai sarana “urus-urus” (pencahar) untuk membersihkan sistem pencernaannya.pengobatan terhadap merpati sakit

Artikel terkait.

Pilek 

Penyakit pilek pada burung serupa dengan penyakit yang diderita oleh manusia, dan boleh jadi penyebabnya pun sama. Kalau burung banyak yang sakit pilek, maka kandang perlu diperiksa, karena mungkin lembap (draught). Menghilangkan penyebabnya akan dapat menghilangkan penyakitnya.

Burung merpati rupanya memberi reaksi yang sama seperti manusia dalam penyembuhannya. Usahakan agar burung menjadi hangat, dan berilah minyak ikan agar kekuatannya pulih. Minyak kastroli sebagai pencahar dapat diberikan untuk membersihkan pencernaannya.

Sekarang banyak obat-obatan yang mengandung sulfaatau antibiotika yang dapat sangat membantu proses penyembuhannya. Umumnya pilek menghilang dengan sendirinya asalkan burung dibiarkan hangat dan dicegah dari aliran angin.

Pnemonia 

Kalau leher burung menjadi bengkak dan mengalami kesukaran dalam bernafas, serta tampak demam dan sakit maka boleh jadi burung terserang pnemonia.

Artikel terkait.

Usahakan burung selalu hangat dan jauhkan dari angin. Pengobatan terbaik adalah dengan memberikan sulfa atau antibiotik.

Tulisan terkait :
loading...
Pengobatan Dan Mencegah Mencret Pada Burung Merpati | Penulis | 4.5