Pemeliharaan DOD Itik Umur 1 Hari Sampai 1 Bulan

Pemeliharaan Dod itik umur 1 hari sampai 1 bulan-Sistem pemeliharaan extensive, yaitu ternak-ternak dipelihara dengan cara diabur/digembalakan tanpa memperhatikan kandang maupun makanan.

Hal ini karena ternak-ternak tersebut dilepas di tempat-tempat yang mempunyai sumber pakan alami, misalnya di daerah-daerah persawahan yang baru panen. Pemeliharaan ini dilaksanakan oleh para peternak yang bersifat tradisional dan nomaden.

Artikel terkait.

Kondisi ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat bagian utara, karena daerah pantura ini merupakan daerah persawahan yang cukup luas sehingga berpotensi bagi pengembangan itik dengan sistem extensif.

Pemeliharaan Semi Intensive

Pemeliharaan dengan sistem semi intensif ternak-ternak yang dipelihara sudah diberi kandang dan diberi makan tetapi sewaktu-waktu dilepas untuk mencapai makan. Itik tersebut dilepas saat panen padi ataupun saat ada tempat-tempat yang mempunyai potensi sumber pakan alami.

Pemeliharaan Intensive

Pemeliharana secara intensif, ternak-ternak dipelihara selalu ditempatkan di kandang dan diberi makan secara terus-menerus serta sudah memperhatikan aspek-aspek teknis pemeliharaan ternak secara ilmiah. Selain itu, dengan sistem ini sudah menggunakan teknologi-teknologi yang dianjurkan.

Untuk pemeliharaan itik pedaging, lebih tepat apabilla dilaksanakan dengan sistem intensif. Hal ini disebabkan itik pedaging mempunyai kemampuan kecepatan pertumbuhan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu waktu pemeliharaan kurang dari 2 (dua) bulan berat badannya sudah bisa mencapai di atas 3 kg.Pemeliharaan DOD Itik Umur 1 Hari Sampai 1 Bulan

Artikel terkait.

Dengan kondisi makanan yang baik maka itik sudah siap dijual sebagai itik pedaging, dengan kualitas daging yang prima.

Dalam usaha buidaya itik pedaging dikenal beberapa tahapan pemeliharaan, terutama untuk usaha budidaya pemeliharaan, terutama untuk usaha budidaya pembibitan sedangkan untuk budidaya penggemukan (penghasil daging) hanya dikenal 1 (satu) tahapan pemeliharaan.

DOD atau day old duck atau Meri Umar Sehari (MUS) adalah anak bebek yang baru menetas dari telur. MUS merupakan makhluk yang relatif lemah namun memiliki cadangan makanan dalam tubuhnya dan adanya sistem kekebalan tubuh yang masih baik. Sehingga MUS dapat ditransportasikan dalam jangka waktu 24 jam, tanpa adanya tambahan makanan dan minuman.

Pemeliharaan MUS ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bebek pada masa dewasanya. Karena dalam periode ini, meri akan menyempurnakan organ-organ dalamnya, menuju kepada kedewasaan. Juga setelah MUS berumur 1 hari, meri ini akan rentan terhada kematian, terutama akibat dari stres karena suhu lingkungan.

Sebenarnya DOD mampu untuk bertahan tidak makan dan minum dalam jangka waktu 1-2 hari karena masih mempunyai cadangan makanan dalam tubuhnya. Walaupun demikian Anda harus tetap memperhatikan pakan dan minumm karena akan menentukan keberhasilan Anda dalam budidaya itik.

Langkah awal yang perlu dilakukan terhadap DOD yang baru didatangkan dari tempat lain antara lain sebagai berikut:

  • Pihak produsen bibit hanya mengirimkan DOD yang baru menetas (belum makan dan minum) karena DOD yang baru menetas bisa bertahan tidak makan dan minum sampai umur 2 hari. Dalam perjalanan sebaiknya ditambahkan kecambah sebagai pengganti minumnya.
  • Tidak mengirimkan DOD terlalu lama dari jam keberangkatan atau lainnya. Pihak ekspedisi diminta atau berinisiatif sendiri untuk menyiramkan air ketika DOD akan dimasukkan ke dalam pesawat untuk mengurangi hawa panas.
  • Segera ambil DOD di jasa ekspedisi yang ditunjuk ketika barang sudah sampai di tempat tujuan dan segera bawa pulang (ke kandang).
  • Setelah tiba di kandang cepat-cepat keluar DOD dari box, biarkan sekitar 20-30 menit kemudian beri minuman yang mengandung gula seperti larutan gula jawa/pasir, air susu kental manis agar stamina DOD pulih kembali.
  • Setelah DOD minum semua, ganti larutan gula/susu dengan vitamin seperti rhodivit, vitachick, sorbitol.
  • Kurang lebih satu jam setelah kedatangan pakan sudah bisa diberikan.
Tulisan terkait :
loading...
Pemeliharaan DOD Itik Umur 1 Hari Sampai 1 Bulan | Penulis | 4.5