Pembuatan Kandang Itik Dan Lokasi Tempat Budidaya

Membuat Kandang Serta Tempat budidaya Itik-Lokasi untuk budidaya itik sebaiknya lokasi yang tidak bising, cukup jauh dari suara gaduh, udaranya sejuk. Idealnya lokasi berjarak 250 m dari pemukiman. Selalin itu, lokasi sebaiknya memiliki sumber air dan sumber pakan untuk menunjang kebutuhan itik setiap hari.

Lokasi peternakan dianjurkan tidak terkena langsung sinar matahari dan angin kencang. Lokasi budidaya itik sebaiknya mudah dijangkau oleh transportasi dan tidak terlalu jauh dari lokasi produksi. Selain itu, kondisi lokasi sebaiknya termasuk lokasi yang tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

Artikel terkait.

Sebelum memulai usaha budidaya itik langkah pertama yang dilakukan yaitu pembuatan kandang. Hal ini karena kandang merupakan faktor utama yang menentukan keberlangsungan usaha peternakan itik ke depan.

Prinsip utama dalam pembuatan kandang itik yaitu agar itik merasa nyaman di dalam kandang. Kandang bagi itik berfungsi sebagai tempat istirahat bebek, sebagai tempat untuk tumbuhan ataupun untuk bereproduksi. Oleh karena itu, kandang harus kokoh, bersih, dan nyaman.Pembuatan Kandang Itik Dan Lokasi Tempat Budidaya

Kandang yang kokoh memiliki kontruksi kandang yang kuat. Konstruksi yang kuat berasal dari bahan murah dan baik seperti bamboo. Dinding kandang bisa dari bahan kayu, sedang atapnya menggunakan genteng atau asbes.

Tipe kandang battery

Tipe kandang battery, ternak dikandangkan satu peprsatu dalam satu kotak dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). Ukuran ini hanya cukup untuk 1 ekor itik dewasa saja. Dengan tipe kandang ini biaya untuk kandang yang lain.

Dengan tipe kandang battery ini, maka sistem perkawinanya harus menggunakan kawin buatan (inseminasi buatan) yang dilakukan oleh tenaga ahli atau inseminator. Pada tipe kandang ini kondisi ternak maupun produksi telur itik dapat dikontrol satu persatu.

Artikel terkait.

Pengontrolan meliputi tinggi rendah produktivitasnya maupun pengontrolan jenis penyakit yang menyerang.

kandang postal

Tipe kandang postal, itik-itik dipeliharaan dan ditempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah tertentu. Pada tipe kandang ini, pemberian makan dan minuman di tempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak itik yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan.

Pada umumnya tipe kandang ini digunakan untuk pemeliharaan itik usia starter dan grower. Namun, terkadang juga digunakan untuk itik usia layer. Kapasitas itik untuk tipe kandang postal ini tergantung dari jenis itik yang dipelihara.

Untuk umur itik periode starter kapasitas kandang yang digunakan yaitu sekitas 10-15 ekor/m2, sedangkan apabila digunakan untuk periode grower yaitu sekitar 8-8 ekor/m2. Dan jika digunakan untuk periode layer kapasitas kandang sekitar 3-5 ekor/m2.

Tulisan terkait :
loading...
Pembuatan Kandang Itik Dan Lokasi Tempat Budidaya | Penulis | 4.5