Pemberian Pakan Dan Dosis Yang Benar Pada Ikan Nila

Dosis yang di anjurkan dalam pemberian pakan pada ikan Nila disesuaikan dengan ukuran ikan,suhu air,kepadatan biomas ikan serta kelimpahan pakan alami yang terdapat pada area sekitarnya.seperti halnya dengan ikan lainya,dosis pemberian pakan maksimum yang di berikan berbanding terbalik dengan ukuran ikan.

Nafsu makan ikan akan berkurang dengan cepat pada temperatur yang lebih rendah.konsumsi pakan ikan Nila maksimum pada suhu 22c hanya 45-60% dari konsumsi pakan maksimum pada suhu 27c.

Hal ini memberikan gambaran bahwa pada pagi hari saat suhu relatif rendah,dosis pakan yang di berikan juga lebih rendah di bandingkan dengan siang dan sore Hari.

Disamping cara di atas,pembudidaya juga dapat menerapkan dosis pemberian pakan secara satiasi atau sampai kenyang.hal ini dapat di lakukan dengan baik,terutama jika luasan lahan pembesaran relatif kecil.images (6)

Jika kita ingin menerapkan teknik seperti ini,sebaiknya pakan di berikan sedikit demi sedikit untuk menghindari terbuangnya pakan secara percuma karena tidak sempat di makan oleh ikan.intinya,pastikan bahwa pakan yang di berikan benar-benar di makan oleh ikan.

Ikan nila merupakan pemakan yang sangat aktif pada siang hari,berdasarkan pertimbangan dan pengamatan,dosis pakan yang di berikan di bagi dalam 2-4 kali pemberian.dengan pertimbangan ekonomis dan komersil,sering kali frekuensinya di batasi hanya dua kali dalam setu hari.

Setelah pakan di berikan,ikan akan mengalami pertumbuhan,pertumbuhann yang cepat tentu sangat di harapkan oleh para pembudidaya,namun,apakah sudah sebanding dengan bobot pakan yang di berikan dengan pertambahan pakan ikan yang di berikan?perbandingan antara bobot pakan yang sudah di berikan dan kenaikan bobot ikan di kenal sebagai konversi pakan atau FCR.

Nilai FCR  dapat saja di hasilkan jika benih atau bibit yang di gunakan memiliki kwalitas yang baik dan ikan tersebut terdapat pakan tambahan.berupa pakan alami yang tersedia di kolam.dalam pemeliharaan di kolam yang airnya mengalir,nilai FCR yang di capai sekitar 1,3 dengan waktu yang diperlukan untuk mencapai ukuran konsumsi relatif lebih cepat.

Artikel terkait.

Untuk memudahkan kita dalam pemberian pakan,disajikan tahap pemberian pakan sesuai dengan waktu pemeliharaan melalui sebuah tabel pemberian pakan harian.

Tulisan terkait :
loading...
Pemberian Pakan Dan Dosis Yang Benar Pada Ikan Nila | admin | 4.5