Pemasaran DOC dan Pullet Ayam Lingnan

Pemasaran DOC dan Pullet Ayam Lingnan wholesale nfl jerseys – Cara memasarkan DOC dan pullet ayam lingnan tidak sulit karena memiliki potensi pasar yang cukup bagus. Cara memasukkan telur tentu saja dengan cara menjualnya, baik langsung ke konsumen maupun ke pasar bebas.

Untuk menunjang hal tersebut, produsen ayam lingnan harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut.

Artikel terkait.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang pasar ayam lingnan dan telurnya. Informasi dapat diperoleh dari perorangan, perusahaan, atau instansi pemerintah. Dapatkan segera informasi tentang pemasaran telur dan penjualan bibit berupa DOC dan pullet.

Dalam informasi tersebut, yang penting ditekankan adalah harga beli, harga jual, cara penjualan dan pembayaran, serta kebutuhan rutin.

Kebutuhan rutin ini menyangkut kebutuhan harian, mingguan, dan bulanan. Di samping itu, harus diketahui waktu menjual, saat harga sedang tinggi, dan saat harga sedang turun.

Pemasaran DOC dan Pullet Ayam Lingnan

Membuat anggota kelompok untuk memasarkan DOC dan pulet atau sebaliknya membentuk plasma untuk mendapatkan DOC dan pullet. Jika usaha masih kecil, peternak biasanya melakukan strategi pembentukan kelompok.

Peternak pemula bisa menjadi plasma dari peternak lama atau peternak besar. Atau masuk ke dalam kelompok yang sudah ada sebelumnya. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan usaha (produksi).

Artikel terkait.

Dalam strategi ini berarti beberapa peternak memukul berbagai masalah dan kebutuhan kelompok yang harus dicarikan jalan keluarnya. Strategi ini sangat baik, terutama dalam meningkatkan posisi tawar-menawar dengan pembeli atau pemasok. Beberapa keuntungan dari strategi ini sebagai berikut.

  • Hasil produksi berupa telur, DOC, dan pullet mudah dipasarkan.
  • Skala usaha kecil menjadi lebih efisien karena penyediaan bahannya dapat dilakukan secara kolektif, sehingga harga material, seperti bibit, pakan, dan obat-obatan menjadi lebih murah.
  • Biaya pengangkutan bisa lebih ditekan karena dilakukan dalam jumlah besar.
  • Wilayah pemasaran bertambah luas karena besarnya jumlah produksi.
  • Proses tawar-menawar menjadi stabil karena kelompok yang menentukan.
  • Bibit diadakan sendiri, sehingga tidak ada masak tentang penyediaannya.
  • Memungkinkan adanya dana tabungan yang dapat digunakan oleh anggota yang membutuhkan.
  • Memungkinkan adanya pelatihan dan tukar-menukar pengalaman dengan sesama anggota kelompok.
  • Pemerintah melalui Dinas Peternakan lebih mudah memberikan penyuluhan dan pembinaan.
  • Memberikan kontribusi kepada sektor kegiatan lainnya.

Melihat keuntungan yang dapat diperoleh dari berkelompok, pembentukan kelompok merupakan keharusan untuk mengembangkan sistem peternakan yang handal.

Pemasaran Daging Ayam lingnan

Selain telur, DOC, dan pullet, daging ayam lingnan cukup memiliki prospek yang cerah. Selain restoran cepat saji, restoran tradisional serta berbagai rumah makan Padang membutuhkan ayam kampung seperti ayam lingnan.

Pasar tradisional masih perlu digalakkan karena ayam lingnan relatif masih baru di kalangan pedagang ayam, di pasar, dan di tingkat konsumen.

Kebutuhan ayam kampung menurut data dari DKI Jakarta, rata-rata sekitar 60 ribu ekor per harinya. Sementara itu, pasokan yang ada hanya sekitar 10-11 ribu ekor per hari atau rata-rata sekitar 7 – 7,5%. Berarti masih terbuka kemungkinan memasarkan daging ayam kampung sebesar lebih dari 90%.

Selain dijual dalam keadaan hidup, ayam kampung juga dijual dalam bentuk karkas (bagian dari ayam pedaging yang telah dicabuti bulu, jeroan, lemak, kepala, dan kedua kakinya).

Selain di pasar tradisional, karkas bayak dijual di berbagai supermarket. Melihat kondisi seperti ini, pemasaran ayam lingnan termasuk cerah, karena memiliki tekstur daging yang lebih baik dibandingkan dengan ayam kampung dan memiliki lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam ras.

Permintaan dari berbagai restoran, hotel, dan katering terlihat semakin meningkat dari hari ke hari, terutama menjelang hari-hari besar. Pada waktu itu peternak ayam kampung selalu menangguk rezeki.

Tulisan terkait :
loading...
Pemasaran DOC dan Pullet Ayam Lingnan | Penulis | 4.5