Peluang Bisnis Harga Doc Ayam Lingnan

Selain dapat dipasarkan di dalam negeri, ayam lingnan dapat diekspor, terutama ke negara maju yang masyarakatnya sadar akan kesehatan. Masyarakat modern saat ini berusaha kembali ke alam (back to nature). Mereka hanya mau mengonsumsi makanan yang aman bagi tubuh dan nonpestiside (bebas pestisida).

Sebagai ayam organik (non-pestiside), ayam lingnan memiliki peluang ekspor lebih besar dibandingkan dengan ayam ras yang merupakan hasil rekayasa genetik. Ayam ras merupakan hasil rekayasa genetik selama lebih kurang 12 tahun.

Artikel terkait.

Akibatnya, meskipun pertumbuhannya cepat, ayam tersebut sering mengalami kerapuhan tulang atau ketidakstabilan rangka untuk mendukung bobot tubuhnya.

Namun, dalam buletin ini tidak disebutkan pengaruh buruknya bagi manusia yang mengonsumsi hasil rekayasa genetik.

Hewan konsumsi hasil rekayasa genetik berpengaruh buruk terhadap pembentukan hormon tubuh. Apalagi jika dalam pertumbuhannya menggunakan bahan-bahan pemacu pertumbuhan yang bersifat hormon.

Budi daya ayam lingnan dapat dilakukan sendiri oleh peternak, mitra, atau koperasi, sehingga para peternak mudah memperoleh bibit dan memasarkan hasilnya.

Dari tahun ke tahun, produksi telur ayam kampung terus meningkat. Jika pada tahun 1995 hanya 125.000 ton, pada pertengahan tahun 2001 meningkat menjadi 133.000 ton. Ini berarti terjadi peningkatan permintaan dan usaha produksi telur ayam kampung.

Diperkirakan produksi telur terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan dari luar negeri, terutama Brunei, Malaysia, Hong Kong, Singapura, dan Jepang.

Artikel terkait.

Sampai saat ini, menurut data Direktorat Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian RI, ada 10 provinsi yang memiliki populasi ayam kampung terbesar.

Di antaranya adalah Jawa Timur 40 juta ekor, Jawa Tengah 35 juta ekor, Jawa Barat 30 juta ekor, Sumatera Utara 25 juta ekor, dan Sumatera Selatan 20 juta ekor. Dari jumlah 265 juta ekor ayam, produksi daging ayam buras pada tahun 2001 mencapai 350 ribu ton dan produksi telurnya sekitar 133 ribu ton.

Usaha ayam buras berperan penting pada masa mendatang dalam upaya pengembangan ekonomi rakyat karena teknologinya telah lama dikuasai masyarakat, khususnya masyarakat perdesaan. Saat ini telah ditemukan berbagai strain ayam pedaging dan petelur unggul. Salah satunya adalah ayam lingnan yang daging dan telurnya bagus.

Dengan potensi ayam lingnan yang besar, tidak ada salahnya jika pemerintah mencoba mengalihkan usaha budi daya ayam ini ke skala nasional.

Salah satu keunggulan yang dimiliki ayam ini adalah sangat tahan terhadap cuaca di daerah beriklim tropis, sehingga tidak seperti ayam ras yang membutuhkan perawatan ekstra. Nilai gizi telur ayam lingnan pun tidak kalah dengan telur ayam buras pada umumnya.

Tulisan terkait :
loading...
Peluang Bisnis Harga Doc Ayam Lingnan | Penulis | 4.5