Pantangan Membawa Burung Hwa Mei Pergi Jauh

Pantangan membawa burung hwa mei pergi jauh.Selama ini, para pedagang burung selalu mengemas burung bakalan yang dibeli penggemar menggunakan kertas bekas semen. Cara ini sebenarnya kurang baik bagi burung bakalan. Hal ini disebabkan sirkulasi udaranya kurang baik, sehingga burung yang ada di dalamnya bisa mengalami kepanasan, terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

Di samping itu, bekas kertas semen biasanya masih berbau semen yang menempel di kertas tersebut. Hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap pernapasan burung.

Artikel terkait.

Cara yang baik untuk membawa hwa mei bakalan adalah menggunakan besek berukuran besar. Sebaiknya 1 buah besek hanya diisi 1 ekor burung. Untuk burung yang masih anakan, 1 buah besek dipakai untuk 2 ekor.

Besek bisa dimanfaatkan untuk membawa hwa mei dengan jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 8-10jam (perjalanan darat), dengan catatan hwa mei bakalan tersebut sehat benar. Jika jarak tempuh relatif dekat, hwa mei anakan bisa ditempatkan di dalam sangkar dan ditutupi koran bekas.

Untuk membawa jarak jauh, sebaiknya 2 hari sebelumnya burung diberi obat antistres dan diberi pakan segar, seperti ulat hong kong atau jangkrik. Sesampainya di tempat tujuan, selain di tempatkan di lingkungan yang sejuk, burung sebaiknya diberi obat antistres dan pakan segar lagi untuk memulihkan kondisi fisiknya.Pantangan membawa burung hwa mei pergi jauh

Sementara itu, burung dewasa atau sudah tergolong muda hutan, sebelum dimasukkan ke dalam besek, sebaiknya tubuhnya dibahasi air agar tenang. Di samping itu, sebaiknya dihindari membawa hwa mei dengan meletakkanya di tempat yang berhawa panas, seperti dekat mesin kendaraan.

Membawa hwa mei menggunakan besek bisa dilakukan dalam membawa hwa mei yang telah terlatih. Namun, harus dilakukan dengan hati-hati, terutama saat menangkapnya tidak sampai membuat bulu-bulunya terlepas (rontok). Cara ini tentunya tidak dilakukan saat akan mengikuti kontes. Cara membawa hwa mei ke arena kontes tetap menggunakan sangkar.

Bagaimanapun cara membawanya, kesehatan hwa mei harus tetap diperhatikan. Karena menurunnya fisik akibat perjalanan bisa mempengaruhi suaranya, terlebih lagi jika hwa mei mengalami stres.

Artikel terkait.

Persyaratan seperti ini sering diabaikan penggemar, sehingga hwa mei bakalan yang dibeli mengalami keterlambatan dalam berkicau dan ironisnya para penggemat sering menyalahkan lingkungan di sekitarnya.

Tulisan terkait :
loading...
Pantangan Membawa Burung Hwa Mei Pergi Jauh | Penulis | 4.5