Panduan lengkap Cara Beternak Burung Merpati

Panduan lengkap cara beternak burung Merpati.Langkah untuk memenuhi keinginan memelihara merpati tentu akhirnya sampai pada keinginan untu menangkarkan burung ini. Paling tidak kita akan membeli sepasang burung walaupun pasangan itu nantinya hanya dijadikan pameran sebagai burung hias. Keadaan itu umumnya akan mendorong kita untuk memiliki jenis yang diinginkan.

Kalau kita hanya sekedar ingin mendapatkan sepasang burung tanpa memperdulikan keturunannya kelak, maka hasil pembiakannya mungkin hanya akan mengembangkan jumlah burung, tanpa disertai peningkatan mutu. cara beternak burung merpati

Artikel terkait.

Sebaliknya, kalau kita mendapat sepasang buruung dari butu yang baik maka kita telah mengawali pengembangbiakan burung dengan awal yang baik. Dengan pemeliharaan yang baik maka kegemaran memelihara burung menjadi semakin semarak dan memberi kesenangan tersendiri.

Untuk mendapat pasangan yang baik, dalam arti keturunan yang baik, tentu kita harus berusaha untuk mendapatkannya dari peternak burung yang memang ahli dalam hal ini, ada juga benar-benar menjaga mutu burung. Untuk merpati pos atau merpati hias yang menghendaki kemurnian, maka peternaknya dapat menjadi penjamin atas mutu dan kemurnian itu.

Selain hal tersebut di atas, mengetahui pasangan burung juga penting. Tetapi mengetahui pasangan burung merpati jantan-betina tidaklah selamanya mudah, kecuali bila burung tersebut memang telah mempertontonkan diri sebagai jodohnya. Membedakan kelamin burung pun sulit, lebih-lebih bila burung-burung tersebut masih muda.

Setelah dewasa, perbedaannya tampak secara lebih jelas melalui ukuran, bentuk, dan tingkah lakunya. Burung jantan umumnya lebih besar dan memiliki leher yang lebih besar, sarta cenderung lebih agresif dibanding burung betina. Selain itu, suatu perilaku yang bersifat khusus yang jarang dilakukan oleh burung betina adalah bahwa burung jantan lebih sering mendekur dan menari.

Burung jantan sering mendekur di hadapan burung-burung lain, dan pada waktu bersamaan akan menari-menari atau memutar-mutar badannya. Memang ada burung betina yang juga dapat mendekur, tetapi tidak sesering burung jantan dan jarang menari seperti burung jantan.

Melihat tingkah burung, kadang kita akan menemukan dua ekor burung yang membuat sarang dan berusaha mengeram, tetapi sebetulnya kedua burung itu bukan merupakan pasangan yang sebenarnya.

Bukanlah hal yang aneh kalau sampai burung yang sama jenis kelaminnya dan ditempatkan dalam satu kurungan lalu berbuat seperti sepasang burung, burung cenderung untuk bertindak sebagai pasangan mengikuti nalurinya. Kalau pasangan burung ini sama-sama betina, maka mereka juga dapat bertelur tetapi telurnya tidak dapat menetas.

Untuk melihat jenis kelamin burung ini, kadang kita dapat melihat jenis kelamin anak burung setelah bulu-bulunya tumbuh, karena ada hubungan antara warna bulu burung dengan jenis kelaminnya. Sesuatu yang telah dicoba dan dikembangkan oleh penggemar burung ini tidak beda dan dikembangkan oleh penggemar burung ini tidak beda dengan ayam.

Penggemar ayam telah berusaha untuk menghasilkan ayam-ayam yang warnanya berbeda antara jantan dan betina, sehingga dengan mudah orang dapat membedakannya sewaktu ayam masih kecil dan bahkan baru menetas.

Tulisan terkait :
loading...
Panduan lengkap Cara Beternak Burung Merpati | Penulis | 4.5