Panduan Lengkap Berternak Burung Kacer Kusus Pemula

Panduan lengkap berternak burung kacer kusus pemula.Untuk kita melakukan penagkaran burung kacer harus memiliki hati yang tabah,teliti serta kesebaran yang cukup tinggi.banyak orang yang telah menyerah dalam berternak burung kacer ini.ini tersebut banyak faktor dan kendala yang di jumpai,sehingga mundur sebelum berperang.sebab dalam kita melakukan penangkaran burung kacer,banyak kendala serta rintangan yang harus kita tempuh dengan hati yang sabar.

Banyak orang yang telah sukses dalam membudidayakan burung kacer ini,sebab makin lama konsumen burung pemula semakin berdatangan.selain kacer memiliki harga yang relatif terjangkau di bandingkan burung murai batu,suara,pamor serta kwalitas ocehanya juga tidak kalah degan murai batu tersebut.

Artikel terkait.

Sebelum kita memulai berternak burung kacer ini,hla yang harus anda siapkan adalah kedua indukan kacer yaitu jantan dan betinanya.karena burung kacer memiliki karakter sulit dalam hal di jodohkan jika kita belum mengetahui caranya. untuk cara menjdohkan burung kacer,silahkan di baca: Cara Menjodohkan burung kacer bakalan  Agar para pembaca memahaminya terlebih dahulu,selanjutnya,baru kita melangkah ketahap berikutnya.unduhan (2)

Dalam kita memilih indukan kacer yang siap kawin,pastikan memperhatikan dari umurnya terlebih dahulu,indukan kacer yang bagus untuk kita jodohkan memiliki umur yang relatif sudah tua,untuk indukan betina,pilih umur yang 1 tahun lebih sedikit dan yang induk kacer jantan pilih yang telah memiliki umur 2 tahunan.

Akan lebih bagus serta mudah dalam kita menangkarkan jika indukan yang betina dalam kondisi jinak.jinak yang kami maksuda adalah burung sudah berani dengan pemilikknya dan menurut.akan tetapi ia harus juga punya mental yang berani.dengan memilih indukan betina jinak,hal ini akan memudahkan ia dalam mengerami telurnya.

Sangat jauh berbeda dengan indukan betina yang masih agak liar,umumnya indukan tersebut akan mudah stres jika mendengar suara bising dan akan kelabakan jika ada hewan lain serta manusia yang mendekati sangkar tersebut.hal ini sangat beresiko jika burung dalam keadaan sedang mengerami telur,dengan demikian,telur yang di erami akan lebih sering di tinggalkanya yang bisa mengakibatkan telur tersebut kekurangan suhu panas dan akan mengakibatkan kegagalan dalam penetasan.

Dalam hal kandang penangkaran,kita bisa menyiapkan ukuran kandang sesuai selara masing-masing penangkar.yang penting usahakan jangan terlalu sempit,agar kedua indukan bebas untuk bergerak.usahakan seluruh dinding terbuat dari batu batako.kecuali dinding depan yang sedikit kita buat agal lebih terbuka.hal ini kita maksudkan supaya kita dengan leluasa mudah dalam mengontrol burung tersebut.

Selain menyiapkan tempat makan dan minum,sediakan juga berupa dua buah bak ukuran sedang,kedua bak tersebut di isi dengan air untuk mandi burung dan yang satunya lagi di isi bebatuan kecil di dalamnya.sebab indukan betina sebelum ia bertelur,akan selalu membawa bebatuan kecil kedalam sarangnya.

Artikel terkait.

Untuk kotak sarangnya,bisa kita sesuaikan sendiri,menurut selera,yang penting terbuat dari kayu dan berbentuk persegi.kita bisa tempatkan kotak sarang di bagian belakang.hal tersebut di maksudakan agar sang induk lebih leluasa dan terbebas dari ngangguan.

Untuk bahan sarang bertelurnya kita bisa menyediakan berupa rerumputan tanaman kering.sebagian kita letakan dalam sarangnya,dan sebagian kita sebar saja di dalam kandang penangkar.sebaiknya kita sediakan lebih dari satu kotak sarang,agar indukan burung memiliki kebebasan dalam memilih tempat ia untuk bersarang.semoga bermanfaat.

Tulisan terkait :
loading...
Panduan Lengkap Berternak Burung Kacer Kusus Pemula | admin | 4.5