Pakan Yang Paling cepat Menaikan Daging Ayam

Pakan yang paling cepat menaikan daging ayam sebenarnya merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi daging dan telur yang diinginkan oleh peternak. Berkembangnya industri pakan untuk mendukung perkembangan unggas terlihat dari berkembangnya pabrik pakan yang memproduksi pakan unggas. Pabrik pakan yang ada di Indonesia hampir 84% memproduksi pakan unggas. Jumlah produksi pakan dari tahun ketahun dapat dilihat dari peningkatan permintaan pakan.

Perkembangan industri perunggasan juga didukung oleh perkembangan teknologi memproduksi pakan yang bertujuan agar diperoleh pakan yang efisien. Teknik penyusunan pakan berkembang pesat dengan berkembangnya data tentang kandungan nutrien ternak yang sangat mendukung untuk mendapatkan pakan yang efisien.

Artikel terkait.

Bahkan, saat ini penyusunan pakan sudah menggunakan data asam amino tercerna dibandingkan pada saat sebelum tahun 1980 yang masih menggunakan data protein kasar. Pakan yang efisien sangat dibutuhkan dalam usaha peternakan ayam ras karena pakan memegang faktor biaya yang paling besar (sekitar 70%) dari total biaya produksi.pakan ayam pedaging

Perkembangan unggas yang pesat didukung oleh permintaan pakan yang tinggi. Dengan demikian, perkembangan pabrik pakan ternak juga otomatis ikut berkembang. Sentra pabrik pakan ternak menyebar di beberapa propinsi antara lain Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Banten. Sampai saat ini, jumlah produksinya masih cukup untuk menunjang kebutuhan pakan unggas yang ada di Indonesia.

Pakan unggas yang paling banyak diproduksi adalah pakan ayam ras pedaging dan ras petelur. Untuk pakan ayam kampung, hanya terdapat beberapa pabrik pakan yang memproduksinya sesuai dengan potensi peternakan intensif sentra ayam kampung.

Pakan unggas yang diproduksi pabrik pakan terdiri atas pakan komplit dan konsentrat. Pakan komplit adalah pakan yang sudah mengandung seluruh kebutuhan nutrien ternak yang akan diberi pakan. Pakan komplit ayam dibedakan berdasarkan jenis ayam dan umur ayam seperti pakan ayam pedaging starter dan finisher, pakan ayam ras petelur starter, pakan ayam ras grower, pakan ayam ras developer, serta pakan ayam ras layer.

Konsentrat yang merupakan pakan setengah jadi diproduksi disesuaikan juga dengan umur ayam, seperti konsentrat ayam, pedaging umur 0-3 minggu, konsentrat ayam petelur dewasa, dan konsentrat ayam petelur.

Pakan yang diproduksi ada yang berbentuk butiran dan tepung. Bentuk butiran tediri dari pakan pelet dan crumble. Pakan pelet adalah pakan berbentuk silinder sesuai dengan ukuran ternak yang akan diberi pakan. Sementara itu, crumble adalah pakan pelet yang dipecah (bentuk kasar). Untuk pakan ayam ras pedaging, banyak diproduksi dalam bentuk crumble, sedangkan untuk ayam petelur layer pada umumnya dalam bentuk tepung (mash).

Artikel terkait.

Pabrik pakan memproduksi pakan pelet ataupun crumble dengan tujuan meningkatkan efisiensi pakan dengan menguragi tercecernya pakan dan meningkatnya jumlah nutrien yang masuk ke dalam tubuh. Proses pemuatan pelet dapat membunuh beberapa bakteri di dalam paan seperti Salmonella karena dilakukan pada suhu dan tekanan tertentu.

Konsentrat untuk ayam merupakan pakan setengah jadi yang mengandung protein tinggi (sekitar 37-40%) dan harus dicampur dengan bahan pakan sumber energi seperti jagung, polar, dan dedak padi dengan perbandingan yang telah ditentukan agar mengandung nutrien yang memenuhi kebutuhan ternak.

Pemilihan konsumen untuk membeli pakan kompllit atau konsentrat tergantung pertimbangan peternak. Konsentrat lebih banyak dibutuhkan untuk ayam petelur dan biasanya di daerah tersebut memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan jagung, dedak padi, ataupun polar yang mudah diperoleh.

Pakan yang diproduksi oleh pabrik biasanya memiliki label yang menunjukkan penggunaan pakan, pabrik yang memproduksi, tanggal produksi, serta label yang menunjukkan kandungan analisis proksimat ransum. Adanya label pada kemasan pakan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen tentang mutu pakan dan cara penggunaan pakan yang tepat.

Untuk menjaga kualitas pakan yang beredar, pemerintah mengeluarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang mrupakan standar baku untuk berbagai pakan ayam ras pedaging dan ayam ras petelur yang berisi standar kandungan nutrien ransum dan faktor lainnya (misalnya kadar aflatoksin).

SNI dibuat pemerintah untuk menjaga keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup untuk masa kini dan masa yang akan datang bagi produsen dan konsumen. SNI bagi produsen berguna untuk mengukur kualitas produk yang dihasilkan agar sesuai dengan persyaratan dan dapat membandingkannya dengan produ dari perusahaan lain. Sementara itu, bagi konsumen berguna untuk melindungi konsumen akibat mutu pakan yang tidak memenuhi standar sehingga dapat membeli produk yang bermutu.

Tulisan terkait :
loading...
Pakan Yang Paling cepat Menaikan Daging Ayam | Penulis | 4.5