Pakan Yang Bikin Cepat Besar bibit Ikan Budidaya

Pakan yang bikin cepat besar bibit ikan budidaya.setelah tiga hari telur ikan menetas menjadi larva dengan kantung kuning telur yang masih menempel di dadanya,pada kondisi ini,larva/bibit ikan belum perlu kita suplai pakan dari luar.namun setelah 13 hari katung kuning telur tersebut habis sehingga pakan suplai dari luar harus segera kita berikan.

Untuk pertama kali,benih di beri pakan alami yang berukuran sangat kecil dan di sesuaikan dengan bukaan mulut,seperti pakan berupa kutu air atau pakan cacing sutera yang bisa kita cacah.

Pemberian pakan cacing sutera dalam bibit ikan akan mempercepat pertumbuhan larva.freekuensi pemberian adalah 4-5 kali dalam sehari sebanyak 1/4 sendok makan untuk 1000 ekor larva.jadi dalam sehari,sebuah akuarium membutuhkan cacing sutera sebanyak 1.1,6 sendok makan.cara pembesaran bibit ikan

Rentang pemberian pakan juga jangan terlalu dekat karena air akuarium akan mudah berubah menjadi keruh keputih-putihan.seiring semakin besarnya larva gurami,perlu kita lakukan penjaringan untuk mengurangi kepadatan dalam akuarium,penjarangan bisa kita lakukan saat benih ikan seduh berumur tiga minggu.

Pemindahan larva dapat kita lakukan dengan cara menggunakan wadah plastik,cara pemendahan tersebut mampu mengurangi stres pada larva.air serta akuarium lama harus di sertakan beberapa bagian kedalam akuarium baru untuk mengurangi perbedaan sifat air baru.

Ketersediaan kutu air sebagai pakan alami tersebut dapat kita peroleh langsung dari alam atau dengan cara membudidayakanya sendiri.jika kutu air tersebut kita dapatkan langsung dari alam,dikwatirkan akan membawa bibit penyakit atau bahkan predator dari larva gurami dari habitat aslinya.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut sebaiknya kutu air yang kita ambil dari alam kita rendam dahulu kedalam air yang sudah kita campur dengan Methilene blue.dosisnya 1cc untuk 5 liter air.namun demikian,perlakukan tersebut tidak dapat menghilangkan zat pencemar seperti logam berat,kimia dan bahan-bahan pencemar lainya.

Untuk pakan dari jenis cacing sutera sendiri,kandungan nutrisinya sangat cepat membantu pertumbuhan larva atau benih ikan.cacing yang memiliki warna agak kemerahan ini banyak kita temukan di saluran air yang aliranya sedikit dan jernih.hidupnya menempel pada subtrak perairan dengan cara mengerombol serta membentuk suatu koloni dengan tubuh yang bergerak-gerak sehingga seperti berumbai-rumbai jika di lihat dari atas permukaan air.apabila cacing ini mati akan di tunjukan dengan warna yang berubah menjadi keputih-putihan.

Artikel terkait.

Selain itu,air disekitar akan berubah menjadi warna keruh kemerah-merahan yang diserta dengan bau yang kurang sedap.cacing yang mati harus segera kita pisahkan dari koloni yang masih hidup.lalu kita segerkan kembali dengan cara meletakan pada bak yang airnya terus mengalir.

Cacing sutera yang akan kita berikan pada bibit ikan harus di bersigkan terlabih dahulu dengan cara mencucinya dengan air bersih lalu di segerkan dengan air bersih yang mengalir untuk beberapa saat.untuk selanjutnya cacing sudah siap untuk kita berikan kepada bibit ikan.

Tulisan terkait :
loading...
Pakan Yang Bikin Cepat Besar bibit Ikan Budidaya | admin | 4.5