Pakan Ternak Murah Bergizi Tinggi Ini Yang Paling Bagus

Pakan ternak murah bergizi tinggi ini yang paling bagus-Jika anda kebingungan memilih bahan pakan ternak yang murah namun memiliki gizi dan membuat ternak cepat gemuk,berikut beberapa bahan pakan ternak alternatif yang mungkin bisa anda coba.

Tepung Ikan.

Artikel terkait.

Tepung ikan merupakan bahan pakan sumber protein yang mengandung asam amino lisin dan metionin yang tinggi. Namun, penggunaannya terbatas karena harga yang tinggi dan dapat menimbulkan aroma amis pada telur dan daging yangg dihasilkan oleh itik.

Penggunaan dalam pakan dapat meningkatkan bila formula yang diinginkan membutuhkan kadar protein tinggi, misalnya untuk pakan itikk masa starter.

Terdapat dua jenis tepung ikan, yaitu tepung iakan impor dan lokal. Selain itu, ada pula tepung ikan yang berasal dari limbah pengolahan ikan (terdiri atas kepala dan tulang ikan). Tepung ikan impor mengandung protein tinggi, yakni sekitar 60%.Pakan Ternak Murah Bergizi Tinggi Ini Yang Paling Bagus

Adapun tepung ikan lokal mengandung protein 40-45%. Tepung limbah ikan mngandung protein lebih rendah dan mengandung zat abu lebih tinggi karena kandungan Ca dan P lebih tinggi.

Peternak atau peramu pakan juga bisa menggunakan ikan petek/rucah sebagai alternatif dari tepung ikan. Ikan petek/rucah banyak tersedia di tempat pelelangan ikan.

Ikan rucah segar mengandung protein kasar sebesar 64,33%; Ca 4,15%; P 3,37%; metionin 1,78%; lisin 5,97%; dan energi bruto sebesar 3.122 kkal/kg. Peternak itik biasa menggunakannya dalam bentuk segar yang dipotong kecil-kecil.

Artikel terkait.

Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa adalah hasil ikutan yang diperoleh dari ekstraksi daging buah kelapa segar atau kering dan dapat digunakan sebagai sumber protein dalam pakan ternak. Bungkil kelapa yang mengandung lemak tinggi tidak dapat disimpan lama karena mudah berbau tengik.

Keterbatasan pemakaian bungkil kelapa pada ransum disebabkan oleh rendahnya kecernaan akibat kandungan serat kasar yang tinggi, ketidakseimbangan lisin dan metionin, serta mudah tengik bila disimpan terlalu lama karena kandungan minyaknya tinggi.

Selain itu, bungkil kelapa jarang digunakan karena kandungan minyaknya tinggi. Selain itu, bungkil kelapa jarang digunakan karena mudah ditumbuhi jamur penghasil toksin. Jika dijadikan pilihan, penggunaannya cukup 30%. Kuaitas tepung bungkil kelapa sudah distandardisasi dalam SNI 01-2904-1992.

Bungkil kacang tanah

Bungkil kacang tanah merupakan hasil ikutan penggilingan biji kacang tanah setelah ekstraksi minyak secara mekanis (expeller) ataupun secara kimia (solvent). Bungkil kacang tanah merupakan bahan pakan sumber protein pada ternak, termasuk itik.

Penggunaannya dalam ransum terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi. Selain itu, bungkil kacang tanah relatif mudah tercemar oleh jamur penghasil aflatoksin. Penggunaannya dalam formula pakan itik dapat mencapai 10%.

Tepung daging dan tulang

Tepung daging dan tulang merupakan bahan pakan sumber protein hewani. Kualitasnya bervariasi tergantung dari jumlah tulang yang digunakan. Meat bone meal sebagai bahan pakan mempunyai kandungan protein 50% dan dapat meyumbangkan Ca cukup tinggi di dalam pakan.

Bahan pakan ini mengandung asam amino lisin dan metionin serta kandungan mineral Ca dan P tinggi. Penggunaannya bisa sampai 7%. Hingga kini, MBM masih merupakan bahan pakan sumber protein yang diimpor ke Indonesia.

Konsentrat

Konsentrat merupakan salah satu bahan pakan yang terdiri atas campuran bahan pakan yang mengandung protein tinggi. Penggunaannya harus dicampur dengan bahan pakan sumber energi, satu ataupun lebih tergantung dari ketersediaan bahan pakan yang ada di daerah peternakan.

Tulisan terkait :
loading...
Pakan Ternak Murah Bergizi Tinggi Ini Yang Paling Bagus | Penulis | 4.5