Pakan Ternak limbah Sumber Energi Tinggi

Berikut ini beberapa jenis pakan ternak limbah sumber energi tinggi yang bisa sebagai alternatif pakan ternak yang sekarang ini semakin naik tajam.

Tepung Bekicot Dan keong emas.

Artikel terkait.

Tepung bekicot dan tepung keong banyak digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Penggunaan tepung bekicot mentah maksimal 15%, sedangkan bila direbus terlebih dahulu penggunaannya dapat meningkatkan menjadi 20%. Beberapa teknik mengolah bekicot yakni sebagai berikut.

  • Tepung bekicot rebus. Caranya, rebus bekicot selama 15-20 menit. Pisahkan daging dan isi organ dalamnya dari cangkang. Kemudian cuci hingga berih dan kering, lalu giling hingga halus.
  • Tepung bekicot rebus dengan larutan garam. Caranya, buat larutan garam dengan melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 50 kg bekicot. Kemudian, rebus bekicot dengan larutan garam selama 15 menit. Pisahkan daging dan isi organ dalamnya dari cangkang. Kemudian cuci hingga bersih dan keringkan, lalu giling hingga halus.

Nasi Kering

Nasi kering (nasi aking) merupakan bahan alternatif sumber energi. Nasi kering diperoleh dari limbah rumah tangga, yaitu nasi yang tidak habis dikonsumsi kemudian dikeringkan. Sebaiknya, nasi kering tidak beerasal dari nasi yang sudah berjamur karena itik sangat rentan terhadap aflatoksin yang dipoduksi oleh jamur mikroskopik.Pakan Ternak limbah Sumber Energi Tinggi

Indigofera sp.

Indigofera sp. adalah legum yang berpotensi menjadi bahan pakan karena kadar proteinnya tinggi. Penggunaannya terbatas dalam pakan karena kandungan serat kasarnya tinggi dan mengandung zat antinutrien, yakni tanin sebesar 9,35%.

Limbah Tauge

Artikel terkait.

Limbah tauge yang dimaksud kulit tauge berwarna hijau yang sering dijumpai sebagai limbah pasar sayuran. Limbah tauge ini potensial sebagai bahan pakan itik karena mengandung protein yang cukup tinggi.

Tepung Jangkrik dan Tepung kadal

Tepung jangkrik dan tepung kadal dapat digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Jangkrik hidup bisa digunakan sebagai pakan burung atau pakan ikan hias. Adapun untuk pakan itik, sebaiknya dibuat tepung jangkrik. Kadar protein tepung jangkrik cukup tinggi, yakni mencapai 55,96%.

Kadal merupakan hewan yang sering kita jumpai. kadal dapat dijadikan bahan pakan alternatif sebagai sumber protein karena kandungan proteinnya mencapai 60% dan hampir sama dengan kandungan protein ikan dan MBM.

Bungkil Biji Karet

Bungkil biji karet merupakan limbah dari pengolahan biji karet yang diambil minyaknya. Digunakan dalam pakan sebagai sumber protein, tetapi penggunaannya terbatas karena mengandung zat antinutrien HCN. Penggunaan bungkil biji karet dalam pakan itik maksimum 5%.

Biji Kecipir

Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus (L.) D.C) adalah tumbuhan merambat yang polong mudanya sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Di Sumatera, tanaman ini dikenal sebagai kacang botol atau kacang belingbing. Nama lainnya adalah jaat (bahasa Sunda), kelongkang (bahasa Bali), serta biraro (Ternate).

Biji kecipir dapat digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Biji kecipir yang berwarna putih dapat digunakan dalam jumlah banyak. Namun, biji yang berwarna cokelat atau merah penggunaannya terbatas karena adanya tanin yang merupakan zat antinutrien. Beberapa pengolahan seperti perendaman dapat mengurangi kandungan tanin biji kecipir.

Tulisan terkait :
loading...
Pakan Ternak limbah Sumber Energi Tinggi | Penulis | 4.5