Model Dan Tipe Kandang Burung Parkit

Kandang burung Parkit dibuat dari kawat ram/kawat ruji, supaya tidak mudah rusak.sebaiknya di pilih model dan tipe kandang burung parkit yang kuat. sebab dari gigitan burung parkit yang suka menggigit-gigit benda yang ada disekitarnya. Ditinjau dari segi tujuannya maka sangkar parkit dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu: sangkar dengan sistem pasangan, sangkar sistem beberapa pasangan, sangkar sistem besar atau disebut volitere.

Sistem sangkar pasangan ialah sangkar yang mempunyai ukuran relatif kecil untuk memelihara sepasang burung parkit. Ukuran kandang ini sekitar 40x40x30 cm.Dari sistem ini diterapkan dengan alasan untuk memurnikan keturunan, menilai produktivitas induk, lahan terbatas/sempit, dan untuk menyilangkan dari kedua induk agar anakan yang dihasilkan sesuai yang diinginkan.

Artikel terkait.

Keunggulan sistem ini adalah dapat menilai produktivitas induk, menghasilkan keturunan yang sesuai keinginan kita, dan keturunan dan kesehatan lebih mudah terkontrol. Adapun kelemahannya apabila memelihara dalam jumlah banyak kurang efisien dan efektif dalam pemeliharaannya. Modal yang dikeluarkan banyak karena harus membuat banyak kandang, kurang efisien, dan produktivitas parkit umurnya lebih pendek.images (5)

Sistem penangkaran dengan menggunakan sangkar beberapa pasang maksudnya sangkar dibuat sedemikian rupa sehingga dapat untuk memelihara beberapa ekor parkit. Menurut pengalaman saya kandang ukuran 90x90x90 cm cukup untuk menampung 4 pasang burung parkit. Kelebihannya dari sistem ini adalah kesehatannya mudah terkontrol dan keturunannya dapat dikendalikan.

Sedangkan kelemahannya adalah memerlukan modal yang banyak apabila ingin membudidayakan parkit dalam skala besar karena kebutuhan kandang yang banyak. Kelemahan lain dalam memelihara karena harus mengontrol per kandang, produktivitas parkit umurnya lebih pendek.

Sistem kandang volitere adalah sistem perkandangan yang diperuntukkan untuk puluhan pasang parkit, sehingga kandang dibuat relatif besar agar burung parkit dapat bergerak leluasa dikandang. Adapun kelebihan sistem ini adalah dapat menampung banyak parkit, hemat biaya apabila ingin memelihara dalam jumlah besar, dan produktifitas burung lebih lama.

Adapun kelemahannya adalah butuh tempat yang besar dan burung sulit dikontrol kesehatannya. Walaupun lama masa produksinya tetapi kualitas dan kuantitas anakan cenderung lebih sedikit apabila dibandingkan dengan kedua sistem kandang berpasangan  dan kandang untuk beberapa pasang. Kandang volitere menggunakan berbagai macam tipe yaitu dengan menggunakan tipe battery dan type panggung:

Kandang model battery biasa

Artikel terkait.

Kandang model ini dibuat memanjang dan terdiri dari beberapa ruang kandang dengan ukuran yang ditentukan, laintainya dapat dibuat cor semen, model ini memiliki kelebihan pada lantainya yang terbuat dari semen sehingga dapat menyerap panas dari dasar (tanah). Tetapi model ini juga mempunyai kekurangan ketika dimusim penghujan temperatur udara dikandang relatif dingin dan ternak dapat dengan mudah terkena penyakit pencernaan.

Kandang model battery panggung

Untuk menyiasati kekurangan dari model kandang di atas maka dari itu dibuatlah kandang model ini. Model ini sama dengan model battery biasa hanya saja bedanya kandang ini dibaut panggung, kandang model ini lebih baik dari pada kandang model battery biasa sehingga diwaktu musim penghujan ternak tidak mudah terserang penyakit dan suhu udara relatif stabil.

Selain itu, sebaiknya seorang penangkar parkit menyediakan kandang karantina. Kandang karantina difungsikan untuk memelihara burung parkit yang sedang sakit atau kalah dalam bersaing mengkonsumsi pakan dengan parkit lainnya.

Kandang ini dapat dibuat dari kawat ram dengan ukuran 100 cm x 60 cm x 60 cm dengan tinggi kaki 20 cm, setiap sisinya dibuat dari kawat ram dan diberi bolam 50 watt. Kandang juga dibuatkan penutup dari kain atau karung agar lebih hangat.

Untuk membuat kandang parkit usahakan memilih bahan-bahan yang mudah menyerap panas, misalnya : untuk atapnya sebaiknya menggunakan genteng, dilapisi kawat ram kayu untuk penyangga, dan lain-lain.

Tulisan terkait :
loading...
Model Dan Tipe Kandang Burung Parkit | Penulis | 4.5