Merawat Dan Memberikan Vitamin Burung Hwa Mei

Merawat dan memberikan vitamin burung hwa mei.Kebersihan sangkar harrus terus diupayakan, terlebih lagi sangkar hwa mei yang selalu ditutup dengan kain penutup sangkar. Kotoran yang menumpuk akan menimbulkan bau yang mempengaruhi pernapasan. Kotoran sebaiknya dibersihkan saat hwa mei dimandikan.

 Paruh

Artikel terkait.

Paruh hwa mei perlu dipotong jika sudah tampak mulai panjang, yakni panjang rahang atas sudah melebihi rahang bawah. Jadi, yang harus dipotong adalah paruh rahang atas sehingga ukuran rahang bawah dan rahang atas sama panjang.

Semakin paruh hwa mei tidak dibiarkan terlalu panjang, karena dapat membuatnya tidak rapi atau tidak simetris lagi. Keadaan ini jika dibiarkan akan sulit dibenahi dan kalaupun bisa dibenahi memerlukan perawatan rutin dan intensif.

Sebenarnya, panjang rahang atas hwa mei merupakan bawaan dan biasanya akan patah dengan sendirinya. Meskipun demikian, tidak sedikit yang sulit patah dan harus dipotong. Memotong paruh hwa mei bisa menggunakan gunting kecil atau alat pemotong kuku.merawat dan memberikan vitamin burung hwa mei

Untuk mempermudah pemotongan, tentunya hwa mei harus dipegang. Sebelum ditangkap untuk dipegang, sebaiknya hwa mei dibiarkan mandi terlebih dahulu di tempat mandi khusus. Karena ruang geraknya sempit dan bulunya masih basah, hwa mei mudah ditangkap.

 Kuku

Kuku hwa mei yang sudah mulai panjang harus dipotong. Kuku yang panjang bisa membahayakan hwa mei saat melompat-lompat di jeruji sangkarnya. Biasanya, kuku yang panjang selalu tersangkut dan bisa patah, sehingga bisa membuat hwa mei cacat, terutama hwa mei yang belum terlalu jinak.

Artikel terkait.

Untuk mencegah panjangnya kuku hwa mei, salah satu caranya adalah dengan memasang tenggeran khusus. Dengan tenggeran tersebut, kuku hwa mei bisa terkikis. Meskipun demikian, tenggeran seperti itu belum menjamin kuku tidak patah atau copot, terutama kuku bagian belakang. Karenanya, kuku yang panjang harus dipotong.

Alat yang bisa digunakan untuk memotong kuku sama dengan alat untuk memotong paruhnya, yakni gunting atau alat pemotong kuku. Cara menangkap hwa meinya pun sama, yakni saat hwa mei dimandikan. Saat memotong kuku harus diupayakan tidak mengenai kuku muda di dalamnya, karena bisa menyebabkan perdarahan.

Tidak jarang, hwa mei yang baru dipotong kuku atau paruhnya berhenti berkicau untuk beberapa saat. Untuk menghindari hal tersebut, harus diusahkan saat menangkapnya tidak membuatnya terlalu ketakutan.

Di samping itu, setelah kuku dan paruhnya dipotong, sebaiknya hwa mei dimasukkan kembali ke tempat mandi dengan didampingi hwa mei betina selama sekitar 10 menit atau sampai hwa mei kembali mandi.

Vitamin

Sebenarnya burung berkicau jarang sekali diberi vitamin. Para penggemar biasanya hanya mengandalkan pakan buatan yang berkualitas. Namun, saat tertentu, seperti burung sedang mengalami ganti bulu, penggemar mencampurkan vitamin misalnya (Growvit) ke dalam air minum burung piaraannya. Tujuannya untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu yang baru.

Agar tidak terkena penyakit defisiensi, sebaikknya hwa mei diberi vitamin (misalnya Vitasol) 4-5 kali dalam sebulan secara teratur seminggu sekali setelah hwa mei dijemur. Memang ada baiknya jika menghindari pemberian vitamin dengan cara memberikan pakan alami yang bervariasi dalam jumlah terbatas setiap harinya.

Karena, tanpa diberi vitamin pun, jika pakan alami yang diberikan sesuai dengan aturan dan pakan buatan yang dikonsumsinya mencukupi kandungan gizi, hwa mei bisa tetap sehat, rajin berkicau, dan berumur panjang.

Tulisan terkait :
loading...
Merawat Dan Memberikan Vitamin Burung Hwa Mei | Penulis | 4.5