Merawat Burung kenari Saat Melakukan Perkawinan

Merawat burung kenari saat melakukan perkawinan-Dalam mengatur perkawinan atau program pengembangbiakan burung kenari di penangkaran, paling tidak ada dua hal penting yang harus dilakukan oleh seorang penangkar, yaitu persiapan perkawinan dan proses perkawinan.

Persiapan perkawinan/pengembangbiakan kenari

Artikel terkait.
  • Persiapan lingkungan kandang penangkaran. Kandang pembiakan harus dipersiapkan dengan baik yang meliputi sarang, kondisi suhu, intensitas cahaya matahari yang cukup, serta kenyamanan dan keamanan.
  • Persiapan pasangan burung. Burung yang dipersiapkan untuk program perkawinan untuk program perkawinan harus dipastikan sehat, tidak cacat, cukup umur, terseleksi dari turunan yang cukup baik, memperlihatkan perilaku seksual yang jelas, serta jantan dan betina sudah terlihat tidur berdekatan.Merawat Burung kenari Saat Melakukan Perkawinan

Proses perkawinan

Umumnya burung kenari yang sudah berjodoh dan memperlihatkan perilaku seksual (berahi) akan diikuti dengan perkawinan. Dalam praktik, seringkali seorang penangkar mengawinkan seekor pejantan unggul dengan 2-3 ekor betina.

Setelah berhasil mengawini betina pertama dan betina tersebut sudah berhasil bertelur, maka pejantannya dapat dipisahkan dan diistirahatkan beberapa hari (2-3 hari) untuk kemudian dikawinkan lagi dengan betina lainnya.

Selain itu, hal lain yang penting diperhatikan di dalam pengaturan perkawinan pada kenari adalah menghindari perilaku mencabut bulu halus sendiri atau bulu halus pejantan dalam pembuatan sarang, maka dalam kandang pembiakan dapat diberikan kapas atau bahan pengisi sarang, dan juga dapat membantu mempercepat proses perkawinan dan peneluran.

Penjemuran juga sebagai salah satu cara yang dilakukan untuk memperbesar kondisi fisiologis pasangan burung untuk kawin. Biasanya dilakukan dengan memandikan pasangan burung kenari tersebut lalu dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain itu juga dikenal praktik pisah-campur antara pejantan dan betina yang dilakukan oleh seorang penangkar kenari. Setelah kenari jantan dan betina terlihat sudah kawin, kenari jantan harus dipisahkan ke kandang/sangkar lain, setelah itu dicampur kembali selama 15-20 menit.

Artikel terkait.

Praktik pisah-campur ini dapat dilakukan dua kali sehari sehingga betina terlihat sudah menghasilkan dua butir telur.

Beberapa penangkar menganjurkan, agar seekor betina yang baik tidak digunakan untuk program pengembangbiakan lebih dari tiga periode atau tiga kali bertelur secara terus-menerus. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi fisiologis yang optimum dari betina tersebut.

Tulisan terkait :
loading...
Merawat Burung kenari Saat Melakukan Perkawinan | Penulis | 4.5