Merawat Bibit Ayam Petelur Umur Sehari

Merawat bibit ayam petelur umur sehari.Ayam petelur yang akan dipelihara haruslah memenuhi syarat sebagai berikut, antara lain:

  • Ayam petelur harus sehat dan tidak cacat fisiknya.
  • Pertumbuhan dan perkembangan normal.
  • Ayam petelur berasal dari bibit yang diketahui keunggulannya.

Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit/DOC (Day Old Chicken)/ayam umur sehari.

Artikel terkait.
  • Anak ayam (DOC) berasal dari induk yang sehat.
  • Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya.
  • Tidak terdapat kecacatan pada tubuhnya.
  • Anak ayam mempunyai nafsu makan yang baik.
  • Ukuran badan normal, ukuran berat badan antara 35-40 gram.
  • Tidak ada letakan tinja di duburnya.

Penyiapan bibit ayam petelur yang berkriteria baik dalam hal ini tergantung sebagai berikut:

 Ransum

Konversi ransum merupakan perbandingan antara ransum yang dihabiskan ayam dalam menghasilkan sejumlah telur. Keadaan ini sering disebut dengan ransum per kilogram telur. Ayam yang baik akan makan sejumlah ransum dan menghasilkan telur yang lebih banyak/lebih besar daripada sejumlah ransum yang dimakannya.merawat bibit ayam petelur umur sehari

Bila ayam itu makan terlalu banyak dan bertelur sedikit maka hal ini merupakan cermin buruk bagi ayam itu. Bila bibit ayam mempunyai konversi yang kecil maka bibit itu dapat dipilih, nilai konversi ini dikemukakan berikut ini pada berbagai bibit ayam dan juga dapat diketahui dari lembaran daging yang sering dibagikan pembibit kepada peternak dalam setiap promosi penjualan bibt ayamnya.

Produksi Telur

Produksi telur sudah tentu menjadi perhatian. Dipilih bibit yang dapat memproduksi telur banyak. Tetapi konversi ransum tetap utama sebab ayam yang produksi telurnya tetapi makannya banyak juga tidak menguntungkan.

Artikel terkait.

Prestasi bibit 

Apabila kedua hal di atas telah baik maka kemampuan ayam untuk bertelur hanya dalam sebatas kemampuan bibit itu. Contoh beberapa jenis bibit ayam petelur dapat dilihat paad data di bawah ini.

  • Babcock B-300 v: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 270, ransum 1,82 kg/dosin telur.
  • Dekalb Xl-Link: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 255-280, ransum 1,8-2,0 kg/dosin telur.
  • Hisex white: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 288, ransum 1,89 gram/dosin telur.
  • H & W nick: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 272, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur.
  • Hubbard leghorn: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 260, ransum 1,8-1,86 kg/dosin telur.
  • Ross white: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 275, ransum 1,9 kg/dosin telur.
  • Shaver S 288: berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 280, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur.
  • Babcock B 380: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 260-275, ransum 1,9 kg/dosin telur.
  • Hisex brown: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 272, ransum 1,98 kg/dosin telur.
  • Hubbarb goldn cornet: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 260, ransum 1,24-1,3 kg/dosin telur.
  • Ross Brown: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 270, ransum 2,0 kg/dosin telur.
  • Shaver star cross 579: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 265, ransum 2,0-2,08 kg/dosin telur.
  • Watten sex sal link: berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 280, ransum 2,04 kg/dosis telur.

Biasakan membeli anak ayam yang berkualitas sesuai kebutuhan. Untuk ayam petelur, belilah anak ayam betina yang telah diseleksi kelaminnya (sexed pullet). Untuk jenis rasnya pilihlah Leghorn atau Rhode Island Red atau ayam lainnya yang masuk dalam katagori sebagai ayam peternak yang baik.

Barang bekas berupa kotak kayu yang besar dapat dibuat sebagai kandang ayam. Buatlah lubang disisinya untuk memasukkan kabel lampu. Lampu 60 watt di dalam kandang akan memberikan panas yang cukup pada anak ayam yang biasanya mereka akan mencari sendiri posisi yang paling nyaman. Usahakan agar lampu tidak menyentuh kandang untuk menghindari kemungkinan terjadi kebakaran.

Sebagai alas atau talam (litter) dalam kandang dapat digunakan kulit gabah atau butiran strowbur (plastik busa) yang masih baru dengan ketebalan antara 10 sampai 15 cm. Kandang yang baik bagi anak ayam adalah apabila suhu di sisi luar sebelah bawah kandang berkisar antara 30 sampai 32 derajat C. Sebilah papan atau anyaman kawat setinggi kurang lebih 60 cm dari dasar  kandang dipasang sebagai penghalang anak ayam dari sumber panas.

Ventilasi kandang meerupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya suhu di dalam kandang. Beberapa ventilasi sebaiknya disediakan penutupnya. Pada musim dingin, semua ventilasi yang menghadap pada arah angin masuk terutama yang dekat lantai hendaknya ditutup. Sedangkan pada musim panas, bukalah ventilasi selebar-lebarnya agar udara segar masuk sebanyak-banyaknya.

Penggunaan kipas harus dihindarkan karena dapat menyebabkan ayam menjadi sakit. Di samping penyakit stres, ayam yang berada dalam tempat yang terlalu panas karena sistem ventilasi yang buruk, akan tidak mau makan atau minum secara normal. Akibatnya ayam akan cacat dan bagi ayam petelur tidak akan tumbuh dengan baik atau kerdil.

Kandang harus aman dari gangguan kucing, tikus, serta binatang pemangsa lainnya. Periksa juga atapnya apakah tidak bocor apabila hujan turun.

Sebelum anak ayam tiba, Anda harus betul bahwa Anda telah siap menerimanya. Kandang dan semua peralatan telah dibersihkan dan disemprotkan anti hama. Pekerjaan tersebut sudah harus selesai beberapa hari menjelang anak ayam tiba sehingga kandang benar-benar telah kering pada saat anak ayam tiba.

Lebih lanjut, sebaiknya dibiasakan membeli anak ayam yang berkualitas sesuai kebutuhan. Apabila anak ayam dibeli dari perusahaan peternakan ayam, mintalah sekalian divaksinasi terhadi penyakit Marek. Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan segera setelah anak ayam dientaskan agar sepanjang hidupnya tercegah dari serangan penyakit Marek yang sangat mematikan. Untuk broiler atau ayam pedaging, agar lebih murah harganya, pilihlah anak ayam yang belum diseleksi kelaminnya (straight-run).

Hendaknya diingat bahwa pada waktu memilih varietas ayam ini apabila ada yang cocok jangan dulu langsung dibeli. Pembelian anak ayam sebaiknya dilakukan apabila segala persiapan untuk kedatangan anak ayam telah selesai dikerjakan, karena apabila belum siap maka risiko kematian anak ayam yang baru dibeli tersebut akan sangat tinggi.

Tulisan terkait :
loading...
Merawat Bibit Ayam Petelur Umur Sehari | Penulis | 4.5