Merawat Anakan Burung Hwa Mei

Merawat anakan burung hwa mei.Memandikan dan menjemur hwa mei penting dilakukan karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Dengan dimandikan, penampilan hwa mei menjadi baik, membuat kondisi fisiknya bertambah sehat, dan hwa mei terhindar dari penyakit akibat gangguan parasit.

Memandikan

Artikel terkait.

Biasanya pemilik hwa mei memandikan burungnya dengan cara menyemprotnya menggunakan sprayer atau selang dan ada juga yang menyiramnya. Cara memandikan seperti ini memang praktis, tetapi sebenarnya kurang baik bagi hwa mei, karena bisa merusak bulunya (membuat bulu pecah–pecah) dan membuatnya takut, sehingga menghambat keberanian burung tersebut.

Cara yang paling baik dalam memandikan hwa mei adalah menggunakan tempat mandi khusus burung. Tempat mandi khusus burung ini bisa dibeli dari pedagang sangkar dan harganya reltif murah.

Memang, cara memandikan seperti ini pada awalnya sulit, terutama bagi yang belum pernah melakukannya. Karenanya, hwa mei harus dipancing agar mau mandi sendiri, caranya dengan disemprot atau disiram air menggunakan gayung terlebih dahulu, Jika telah terbiasa, ia akan senang mandi sendiri.

Keuntungan memandikan hwa mei menggunakan tempat mandi khusus sebagai berikut.

  1. Hwa mei bisa mandi sepuasnya.
  2. Hwa mei bakalan bisa lebih cepat jinak dibandingkan dengan jika dimandikan dengan cara konvensional.
  3. Bulu hwa mei semakin bersih dan bercahaya.
  4. Merangsang hwa mei bakalan cepat berkicau.
  5. Memperlambat munculnya sisik di kaki dan jari-jarinya.
  6. Saat hwa mei dimandikan, pemilik bisa mengganti pakan dan air minum, serta membersihkan kotoran secara leluasa.
  7. Mempercepat tumbuhnya bulu, terutama pada hwa mei yang sedang mengalami rontok atau ganti bulu.
  8. Tempat mandi khusus bisa dimanfaatkan untuk permukaan hwa mei jantan dan betina agar keduanya semakin bergairah.

Waktu Memandikan

Waktu mandi hwa mei bakalan dan hwa mei yang telah terlatih berbeda. Hwa mei bakalan sebaiknya dimandikan setiap hari pada pagi dan sore hari. Cara ini bisa mempercepat proses perjinakan hwa mei. Sementara itu, hwa mei yang sudah rajin berkicau dan terlatih dimandikan pada sore hari (pukul 15.00-16.30) jika cuaca panas, sebaiknya hwa mei tidak dimandikan.merawat anakan burung hwa mei

Artikel terkait.

Pada pagi hari, hwa mei berlatih hanya dijemur untuk berlatih berkicau. Jika dimandikan pada pagi hari akan mengurangi gairah berkicaunya. Jadi, upaya tersebut dilakukan untuk mendorong hwa mei terus berkicau seperti di arena kontes yang pelaksanaannya selalu pada pagi hari.

Membiasakannya terus berkicau pada pagi hari di bawah sinar matahri akan menempa suara dan daya tahannya agar semakin baik. Keuntungan lain memandikan hwa mei pada sore hari adalah kebersihan sangkarnya terjaga, sehingga hwa mei pada malam hari ditutup dengan kain terhindar dari gangguan pernapasan.

Menjemur Hwa Mei

Tujuan menjemur hwa mei setelah dimandikan adalah untuk mengeringkan bulu yang basah dan agar badannya sehat. Karenanya, sangat dianjurkan untuk menjemur hwa mei pada pagi hari meskipun hanya sekitar 15 menit. Waktu menjemur yang ideal adalah antara pukul 07.00-09.30 dan tidak lebih dari pukul 10.00.

Panas matahari di atas pukul 10.00 bisa membahayakan kesehatan burung. Meskipun demikian, menjemur hwa mei di atas pukul 10.00 masih bisa dilakukan, terutama untuk melatih fisiknya jika akan dipersiapkan mengikuti kontes, tetapi harus diawasi dengan baik.

Keuntungan menjemur hwa mei secara rutin setiap pagi diantarnaya akan memacu suara hwa mei menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pada pagi hari, sinar ultra violet yang diperoleh hwa mei secara langsung bisa membuat tubuhnya membentuk vitamin D3 secara otomatis.

Tentunya, hal ini sangat membantu pertumbuhan tulang, terutama bagi hwa mei yang masih anakan. Di samping itu, menjemur hwa mei setiap pagi hari bisa mengurangi parasit pengganggu yang hidup di dalam sangkarnya.

Sebaiknya hwa mei yang sudah dimandikan tidak dijemur hingga bulunya terlalu kering. Jika sampai terlalu kering, hwa mei merasa kepanasan dan akan menggunakan air minumnya untuk mandi. Selain itu, saat dijemur, sangkar hwa mei tidak usah diberi pakan dan air minum.

Hal ini dimaksudkan untuk mengkristalkan dan mempertajam suaranya, serta menguatkan fisiknya dengan hawa panas tanpa air dan melatih pernapasannya. Pakan dan air minum diberikan kembali setelah hwa mei diangin-anginkan beberapa saat di tempat sejuk. Kebiasaan ini harus dilakukan secara bertahap setiap hari.

Tulisan terkait :
loading...
Merawat Anakan Burung Hwa Mei | Penulis | 4.5