Merancang Kandang Ayam Petelur Dan Fungsinya

Merancang Kandang petelur Dan fungsinya.indukan digunakan untuk memelihara akan ayam dari umur 1 hari sampai dengan 4 minggu. Kandang tersebut dilengkapi dengan lampu pemanas, lampu penerang, tempat makan dan tempat minum. Pada umumnya, kandang indukan ini berlantai litter.

Grower

Artikel terkait.

Kandang grower digunakan untuk memelihara ayam umur 8 minggu sampai menjelang bertelur, yakni umur 18 minggu. Kandang tersebut juga dilengkapi dengan lampu penerangan, tempat makan, dan air minum. Model lantai yang umum untuk kandang ini adalah lantai jenis litter atau celah.

Layer (Petelur Dewasa)

Kandang layer digunakan untuk memelihara ayam dewasa yang telah berproduksi. Kandang tersebut juga dilengkapi dengan tempat makan dan minum, serta penerangan seperlunya. Pada umumnya kandang layer menggunakan jenis litter untuk koloni dan lantai celah bagi yang menggunakan kandang baterai atau kolong.

Fungsi Kandang

Kandang yang baik dibuat memanjang dari bahan yang relatif menyerap panas (atap berwarna muda), murah,dan tersedia cukup. Kandang merupakan sarana yang terpenting untuk terselenggaranya usaha peternakan ayam secara intensif. Bagi pengusaha peternakan perlu memahami arti penting fungsi kandang yang dipaparkan sebagai berikut.Merancang Kandang Ayam Petelur Dan Fungsinya

  • Memberikan kenyamanan dan melindungi ternak dari panasnya sinar matahari pada siang hari, hujan, angin, udara dingin dan untuk mencegah gangguan seperti predator.
  • Memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam pemberian pakan dan minum, pengawasan terhadap ayam yang sehat dan ayam yang sakit.
  • Memudahkan dalam pengambilan telur dan penggumpalan kotoran untuk pupuk kandang.

Catatan: kandang sebaiknya menghadap ke arah utara atau selatan, agar kandang pada pagi hari bisa terkena sinar matahari.

Artikel terkait.

Syarat-syarat umum konstruksi kandang ayam ras petelur yang baik dan memenuhi persyaratan kesehatan bagi kehidupan ayam adalah sebagai berikut.

  • Dinding kandang tidak rapat, harus merupakan celah-celah yang terbuka, dapat dibuat dari dinding kawat atau jeruji bambu.
  • Tempat kandang harus kering dan bersih.
  • Posisi kandang dibangun menghadap ke arah Timur, agar kandang mendapat cukup sinar matahari pagi secara langsung dan bila siang hari ayam terhindar dari panas matahari yang merugikan.
  • Pertukaran udara dalam kandang harus lancar, sehingga diperlukan ventilasi yang cukup.
  • Kandang dibuat cukup tinggi, minimal 3 meter untuk bagian tengahnya. Tinggi bagian samping minimal 2 meter dan tepi atap panjangnya 1 mter. Lebar dan panjang kandang dapat disesuaikan dengan kondisi lahan dan jumlalh ayam yang dipelihara.
  • Atap kandang dibuat berbentuk huruf A dengan bagian tengah lebih tinggi dan meluncur ke arah samping (untuk kandang model baterai).
  • Kandang harus tetap bersih, baik yang di dalam maupun yang diluar kandang.
Tulisan terkait :
loading...
Merancang Kandang Ayam Petelur Dan Fungsinya | Penulis | 4.5