Mengobati Ikan Koi Terserang Argulus (Kutu Ikan)

Mengobati ikan koi terserang Argulus(kutu ikan).Penyakit argulus atau kutu ikan sering kali dijumpai pada ikan koi. Argulus bersifat parasit bagi koi sehingga akan merugikan kesehatan ikan. Ukuran argulus sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan jelas dan detail dengan Mikroskop.

Efek yang ditimbulkan argulus pada ikan koi adalah gatal-gatal, menyebabkan infeksi dan efek yang lebih lanjut adalah kematian ikan koi. Seperti halnya kutu jarum argulus menempel erat pada tubuh koi dan menyerap nutrisi ikan koi.

Artikel terkait.

Meski berukuran sangat kecil, mendeteksi argulus pada ikan koi cukup mudah tanpa bantuan Mikroskop. Ikan koi yang telah terkena Argulus pada bagian sirip dan kulit berwarna putih.

Argulus yang sudah menempel pada koi akan menyuntik racuk ke dalam kulit koi yang akan menyebabkan peradangan dan infeksi. Jika sudah indeksi berpotensi menjadi infeksi sekunder yang menjadi berbahaya. Koi yang sudah terkena Argulus biasanya akan berwarnna pucat.Mengobati penyakit argulus pada ikan koi

Argulus sendiri biasanya muncul pada kolam koi melalui pakan hidup, misalnya cacing suta dan makanan-makanan hidup lainnya. Selain itu kondisi air yang kurang baik akan mendukung pertumbuhan argulus.

Cara mengobati:

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi Argulus pada koi adalah mengkarantina koi yang sakit. tujuannya agar koi mencegah koi yang belum terinfeksi argulus tetap sehat. Sedangkan sistem ikan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan tetapi organisme penyakit tidak.

Menaikkan suhu dari lingkungan pada 3-5 derajat interval setiap 24 jam untuk 80-84 derajat Fahrenheit. Mempertahankan suhu stabil dengan kurang dari 2 derajat variabel. Perlakukan hari dengan garam 0,3% dan parasiticides atau antibiotik selama periode penyesuaian, dan lanjutkan dengan pengobatan jika perlu sampai menyembuhkan terpengaruh.

Artikel terkait.

Menjaga temperatur untuk 4-6 minggu setelah pengobatan, lalu perlahan-lahan drop suhu untuk menyesuaikan bahwa air kolam. Ini akan memastikan koi kuat dan memudahkan transisi ikan kembali ke kolam. Pastikan koi sehat dengan terapi panas.

Tulisan terkait :
loading...
Mengobati Ikan Koi Terserang Argulus (Kutu Ikan) | Penulis | 4.5